DPRD Barut

Bantu Kampus Baru STIE Muara Teweh, PT SMM Dapat Apresiasi Dewan Barut

apahabar.com, MUARA TEWEH – PT Suprabari Mapanindo Mineral (SMM) mendapat apresiasi dari DPRD Barito Utara, sebab…

Featured-Image
Penyerahan bantuan kelengkapan sarana perkuliahan untuk STIE Muara Teweh dari program pengembangan & pemberdayaan masyarakat tahun 2021 PT Suprabari Mapanindo Mineral. Foto: Istimewa

bakabar.com, MUARA TEWEH – PT Suprabari Mapanindo Mineral (SMM) mendapat apresiasi dari DPRD Barito Utara, sebab perusahaan batu bara tersebut dinilai peduli dengan dunia pendidikan di daerah ini.

Legislator DPRD Barut, H Tajeri menyatakan dirinya sangat menyambut baik program CSR yang dilaksanakan oleh PT SMM, untuk masyarakat yang ada di sekitar wilayah perusahaan salah satunya dengan memberikan bantuan kepada kampus baru STIE Muara Teweh.

Legislator sekaligus Ketua Fraksi Partai Gerindra Barut ini mengatakan, apa yang dilakukan oleh PT SMM diharapkan dapat menjadi contoh bagi perusahaan-perusahaan lainnya di wilayah ini.

Sebab keberadaan investor di wilayah ini, memang sangat diharapkan dapat turut andil dalam kemajuan pembangunan di daerah, terkhusus di sekitar wilayah kerja perusahaan.

“Kita harapkan perusahaan-perusahaan lainnya dapat mencontoh program PPM yang dijalankan oleh PT SMM sebab dengan demikian masyarakat akan merasakan manfaat keberadaan perusahaan, sehingga terciptanya hubungan baik antara masyarakat dan perusahaan,” kata Tajeri.

Sementara Dept Head CSR PT SMM, Ibnu Solihin, menyampaikan bahwa penyaluran bantuan ini sesuai dengan rencana kerja dan anggaran belanja (RKAB) yang disusun di Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) melalui program program Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (PPM) tahun anggaran 2021.

Penyaluran bantuan ini berupa mebeler dan komputer dilakukan secara simbolis dan diterima langsung oleh pihak lembaga perguruan tinggi dan yayasan STIE Muara Teweh dan dilakukan dalam dua tahap bantuan.

Ibnu menyampaikan, selain membantu sarana perkuliahan kampus baru STIE Muara Teweh, perusahaan juga memberikan bantuan terhadap masyarakat yang ada di sekitar wilayah produksi pertambangan.

Di mana program yang sudah dijalankan perusahaan ini, seperti membantu tenaga guru honorer di lingkungan SMM, pembinaan sekolah, siswa berprestasi dan bantuan untuk madrasah di sekitar wilayah SMM. Kemudian untuk bidang kesehatan, posyandu serta kegiatan insidentil seperti sunatan massal.

Di bidang ekonomi, lanjut Ibnu, PT SMM membantu masyarakat dengan beternak ayam petelur, program perikanan berupa budidaya ikan nila di Desa Bintang Ninggi I dan II, yang kini sudah memasuki masa panen.

“Selain itu, pembangunan Kantor Koperasi Parajekian yang telah dilakukan bersama PT PAMA di Desa Lemo II, dengan program unggulan yaitu budidaya madu kelulut,” ujar Ibnu.

Sementara bidang Infrastruktur, PT SMM juga membantu pembangunan Balai Desa Lemo I, membangun masjid di Dusun Teluk Lihat (sudah selesai), membantu masjid di Desa Bintang Ninggi dan bantuan Masjid Nurul Iman di Desa Lemo I yang saat ini masih berjalan.

“Tidak hanya itu, SMM juga melalui program PPM tahun 2021 ini, juga akan membantu Balai Basarah di Desa Lemo I dan Desa Pendreh,” pungkasnya.



Komentar
Banner
Banner