Peristiwa & Hukum

Banjir Terjang Sembilan Desa di Dua Kecamatan Kotim 

Sebanyak sembilan Desa di dua Kecamatan di Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalteng, diterjang banjir sejak dua hari belakangan ini.

Featured-Image
Salah seorang petugas dari Polsek sedang meninjau salah satu rumah warga yang tergenang banjir di Desa Sei Ubar Mandiri, Kecamatan Cempaga Hulu. Minggu (18/2/2024). Foto-Istimewa

bakabar.com, SAMPIT - Sebanyak sembilan Desa di dua Kecamatan di Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalteng, diterjang banjir sejak dua hari belakangan ini.

Sembilan desa yang tergenang berada di Kecamatan Cempaga Hulu sebanyak tujuh desa, diantaranya Desa Selucing, Pelantaran, Sei Ubar Mandiri, Pantai Harapan, Bukit Raya, Sudah dan Desa Parit.

Sedangkan dua desa lainnya ada di Kecamatan Cempaga, yakni Desa Rubung Buyung dan Patai, dengan ketinggian air pada sembilan desa dikisaran 70 sampai 170 centimeter.

"Sejak kemarin kami sudah mengirimkan Tim Reaksi Cepat (TRC) ke lokasi banjir dengan membawa peralatan rescue lengkap," kata Kepala Pelaksana (Kalaksa) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kotim, Multazam, Minggu (18/02/2024).

Dari sembilan Desa, ada sebanyak 196 Kepala Keluarga (KK) yang terdampak. Sebagian kecil warga ada yang mengungsi, namun sebagian besar warga masih bertahan di rumah mereka masing-masing, 

"Seperti Di Desa Sei Ubar Mandiri, ketinggian air dikisaran 95 cm, disana ada 96 KK yang terdampak, namun mereka masih bertahan," terang Multazam

"Kita akan terus monitor banjir ini dan juga melakukan koordinasi dengan pihak Desa maupun Kecamatan terkait perkembangan banjir yang melanda sembilan desa ini," tandasnya.

Editor
Komentar
Banner
Banner