Tak Berkategori

Banjir di Tabalong; Akses Jalan ‘Putus’ di Tanta, 40 Rumah di Sei hanyar Terendam

apahabar.com, TANJUNG – Hujan deras kembali mengguyur Tabalong sejak subuh hingga saat ini pukul 09.00 WITA,…

Featured-Image
Akses jalan di Tanta RT 03 tidak bisa lagi dilewati kendaraan. Foto – Istimewa

bakabar.com, TANJUNG – Hujan deras kembali mengguyur Tabalong sejak subuh hingga saat ini pukul 09.00 WITA, Sabtu (28/11).

Hujan kali ini mempercepat naiknya luapan anak sungai Tabalong di Desa Tanta Kecamatan Tanta, Tabalong, Kalimantan Selatan.

Akibat luapan sungai tersebut, akses jalan kabupaten yang menghubungkan Kecamatan Muara Harus – Tanta tidak bisa dilewati kendaraan, khususnya roda dua.

Kepala Desa Tanta, Budi Irianto mengatakan, saat ini jalan di RT 03 sudah tidak bisa dilalui kendaraan. Ketinggian banjir merendam jalan sekitar lutut orang dewasa.

Warga yang ingin melewati desa Tanta RT 03 bisa lewat lapangan bola atau jalan dalam.

Selain memutus akses warga, banjir ini juga merendam sejumlah rumah warga.

“Ada 56 buah rumah warga kami yang kebanjiran, baik di RT 02, 03 dan 04, ” kata Budi, kepada bakabar.com, Sabtu (28/11).

Sementara itu, di desa Sungai Hanyar RT 07 Kecamatan Banua Lawas Tabalong terjadi tanggul jebol. Akibatnya 40 buah rumah terendam.

Ketua UPBS Banua Lawas, M Arsyad, mengatakan kedalaman air yang merendam rumah warga sekitar 2 meter, namun yang masuk ke rumah warga sekitar setengah meter.

“Untuk tenda dapur umum belum didirikan, Kades Sei Hanyar dan aparat lainnya sudah mendatangi lokasi tanggul yang jebol,” jelas M Arsyad.

img

Aparat mencek tanggul jebol yang mengakibatkan rumah warga terendam banjir. Foto – Istimewa



Komentar
Banner
Banner