tanah bumbu

Banjir di Satui Tanbu, Ratusan Jiwa Mengungsi

apahabar.com, BATULICIN – Hujan intensitas tinggi di sejumlah daerah Kalimantan Selatan, menyebabkan sejumlah wilayah terendam banjir,…

Featured-Image
Banjir di Kecamatan Satui, Kabupaten Tanah Bumbu. Foto-BPBD Tanbu

bakabar.com, BATULICIN – Hujan intensitas tinggi di sejumlah daerah Kalimantan Selatan, menyebabkan sejumlah wilayah terendam banjir, Kamis (13/5).

Seperti di Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) puluhan kepala keluarga (KK) di Desa Sinar Bulan, Kecamatan Satui, terpaksa harus mengungsi.

“Update data kami pada malam ini, pukul 20.30 Wita ada 32 KK atau 110 jiwa yang mengungsi,” ungkap Kepala Pelaksana BPBD Tanbu, Eryanto Rais, kepada bakabar.com, Kamis, (13/5) malam.

Eryanto mengatakan saat ini ratusan warga mengungsi di SMPN 4 Satui, RT 7 Desa Sinar Bulan.

“Mereka sudah diungsikan di SMPN 4 Satui. Karena kondisi air masih dalam yakni sekira dua meter,” ujarnya memberikan keterangan saat meninjau lokasi pengungsian.

Eryanto menambahkan selain intensitas hujan tinggi, banjir yang terjadi juga akibat meluapnya daerah aliran sungai (DAS) Satui.

“Saat ini sudah tidak hujan lagi, semoga cepat surut,” tukasnya.

Eryanto mengimbau kepada masyarakat yang terdampak banjir agar waspada terhadap curah hujan yang tinggi dan segera mengungsi ke tempat yang lebih tinggi apabila air meningkat.

“Utamakan keselamatan. Lapor kepada ketua RT, kades, camat dan muspika kalau terjadi hal sesuatu,” pungkasnya.

Selain BPBD setempat, pihak TNI, Polri dan muspika juga ikut turun menangani banjir tersebut.

img

Sejumlah kepala keluarga (KK) di Desa Sinar Bulan, Kecamatan Satui, Tanah Bumbu, terpaksa harus mengungsi akibat rumah mereka terendam banjir. Foto-BPBD Tanbu



Komentar
Banner
Banner