Tak Berkategori

Banjir Besar di Putussibau Kapuas Hulu Kalbar, Aktivitas Warga Lumpuh

apahabar.com, PUTUSSIBAU – Banjir besar yang terjadi di Kota Putussiabu dan sekitar wilayah Kapuas Hulu, Kalimatan…

Featured-Image
Suasana pemukiman penduduk dan tempat parkir kendaraan yang tergenang banjir di tepian Sungai Kapuas, Putussibau, Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, Selasa (15/9). Foto-Antara/Jessica Helena Wuysang/wsj

bakabar.com, PUTUSSIBAU – Banjir besar yang terjadi di Kota Putussiabu dan sekitar wilayah Kapuas Hulu, Kalimatan Barat (Kalbar), Selasa (15/9) membuat aktivitas warga lumpuh.

Akibat banjir besar, aktivitas perkantoran, perbankan, jaringan telekomunikasi serta penerangan listrik lumpuh.

Banjir akibat luapan air Sungai Kapuas di Kalbar itu merendam pemukiman penduduk di Kapuas Hulu, dengan kedalaman air berkisar 1 hingga 5 meter yang terjadi sejak Minggu (13/9), sehingga membuat sejumlah warga kesulitan mendapatkan bahan makanan.

Pantauan di lapangan, sebagian warga memilih bertahan dengan membuat panggung di rumah dan tidak sedikit juga yang mengungsi ke rumah keluarga dan hotel di Putussibau.

“Barang-barang sudah tidak bisa diselamatkan, karena air sangat dalam, di dalam rumah saja setinggi dada,” kata warga Teluk Barak, Kecamatan Putussibau Selatan, Harun di Putussibau, Kapuas Hulu, Kalbar Selasa.

Hal senada dikatakan Herman, warga Kota Putussibau yang mulai kehabisan stok makanan akibat terdampak banjir.

“Kita tidak bisa kemana-mana pak di kepung banjir, mini market hanya dua yang buka, sedangkan warung-warung kecil sudah kehabisan barang-barang,” ucap Herman.

Dirinya berharap pemerintah segera mengambil langkah agar warga tidak kelaparan.

“Jangan menunggu air surut bantuan baru datang, masyarakat memerlukan bantuan di saat banjir seperti ini,” kata Herman.

Sementara itu, untuk saat ini kondisi banjir masih menggenangi Kapuas Hulu, meskipun debit air mulai surut, namun aktivitas warga masih lumpuh.(Ant)

Editor: Aprianoor



Komentar
Banner
Banner