Banjarmasin Hits

Banjarbaru Kekurangan 10 Ribu Lebih Surat Suara Pemilu 2024 

Kota Banjarbaru kekurangan kurang lebih 10.400 surat suara. Hal itu diketahui setelah pelaksaan sortir dan lipat pada Sabtu (20/1) kemarin. 

Featured-Image
Ketua KPU Kota Banjarbaru saat ditemui apahabar.com. Foto: apahabar.com/Fida

bakabar.com, BANJARBARU - Kota Banjarbaru kekurangan kurang lebih 10.400 surat suara. Hal itu diketahui setelah pelaksaan sortir dan lipat pada Sabtu (20/1) kemarin. 

Untuk itu, KPU Kota Banjarbaru telah mengajukan kekurangan surat suara Pemilu 2024 kepada KPU Provinsi tertanggal 21 Januari lalu, dan dijadwalkan akan datang dalam waktu dekat.

Ketua KPU Kota Banjarbaru, Rozy Maulana, mengatakan jumlah keseluruhan dari lima jenis surat suara untuk Banjarbaru ialah total dari jumlah pemilih di Kota Banjarbaru ditambah dengan 2,5 persen.

Kekurangan yang ditemukan selain akibat adanya cacat atau kerusakan, tapi juga karena isi dari setiap box yang datang kurang. 

"Misalnya yang seharusnya jumlahnya adalah 500 setiap box itu, namun beberapa box saat dihitung jumlahnya hanya 430 isinya, kebanyakan kekurangan ditemukan sebanyak 60 sampai 50 lembar setiap boxnya ditambah dengan yang rusak totalnya 10.400-an," ucap Rozy Maulana, Jumat (26/1).

Baca Juga: Tragedi Bus Sekolah Maut di Sampit, Polisi Masih Lakukan Penyelidikan

Pada Kamis (25/1) dini hari lalu, sudah datang surat suara tambahan untuk kabupaten atau kota yang mengajukan kekurangan. Sayangnya, surat suara yang datang itu baru untuk Tapin, HSS, Balangan, Tanah Bumbu, dan Kotabaru. 

Meski demikian, ia optimistis jika kekurangan surat suara akan datang sebelum 31 Januari nanti. 

Sesuai arahan pusat, logistik kotak suara pada H-1 atau H-2 sebelum pencoblosan pemilihan serentak tersebut sudah harus terselesaikan di Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS).

Kota suara tersebut akan disebar ke 898 Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Kota Banjarbaru.

"Target 31 Januari KPU RI meminta untuk pengesetan dan packing itu sudah selesai serentak se Indonesia, jadi ditanggal 1 Februari hingga dengan H-2 pencoblosan itu distribusi sudah selsai," jelasnya.

Baca Juga: Disaksikan Sejumlah Tersangka, 126,1 Gram Sabu di Tabalong Diblender

Adapun tahapan pengesetan dan packing yang saat ini tengah berjalan sebutnya dilakukan bersamaan, baik di gudang logistik maupun gudang KPU. 

"Seperti melakukan setting formulir-formulir, C Plano sudah kami setting setelah itu kami angkut ke gudang tinggal dipilih langsung dimasukkan ke kotak. Setiap hari kami lakukan itu," tuntasnya. 

Editor


Komentar
Banner
Banner