Hot Borneo

Bangun Rumjab Wali Kota, Pemkot Banjarmasin Ngutang, Baru Lunas Akhir 2022

apahabar.com, BANJARMASIN – 2023 mendatang, rumah jabatan (rumjab) Wali Kota Ibnu Sina di Jalan Sudirman, Banjarmasin…

Featured-Image
Lokasi bekas kafe remang-remang bakal disulap menjadi rumah jabatan wali kota Banjarmasin. apahabar.com/Bahaudin Qusairi

bakabar.com, BANJARMASIN – 2023 mendatang, rumah jabatan (rumjab) Wali Kota Ibnu Sina di Jalan Sudirman, Banjarmasin Tengah ditarget selesai dibangun.

Namun kendati detail engineering design (DED) rumjab dikerjakan 2022 ini, belum diketahui pasti jumlah anggaran yang bakal dikucurkan Pemkot Banjarmasin.

"Insya Allah tahun ini dibangun desain, dan 2023 jika diizinkan untuk anggarannya kita langsung bangun," ujar Kepala Bidang Cipta Karya Dinas PUPR Banjarmasin, Agus Suyatno, Selasa (24/5).

Rumjab tersebut terdiri dari berbagai item. Mulai dari rumah, pendopo, musala, ruang rapat mini untuk pimpinan, fasilitas pendukung seperti parkiran dan lainnya.

"Paling tinggi nanti lantai dua kita minta, tidak lebih dari lantai dua," ucapnya.

Tapi, ia mengatakan bahwa Kantor Kesekretariatan Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) juga bakal dikerjakan berbarengan dengan Rumjab Wali Kota Banjarmasin.

Menurutnya, kantor tersebut menjadi syarat pelengkap suatu rumah jabatan kepala daerah.

"Biasanya seperti itu pendampingnya, dibangun pas di samping Rumjab," tuturnya.

Namun melihat lahan Rumjab yang dibeli Pemkot Banjarmasin dengan pihak ketiga hanya sekitar 2.400 meter persegi, jadinya kantor Sekretariat TP-PKK Banjarmasin tidak melebihi yang ada sekarang.

"Mungkin akan kita modifikasi, ada tapi tidak seluas dengan apa yang kita pikirkan,” ujarnya.

Menariknya, ia mengakui pembelian lahan rumjab tersebut bakal dilakukan secara bertahap alias nyicil.

Saat ini, Pemkot Banjarmasin baru melunasi sekitar Rp20 miliar di akhir 2021 lalu. Total harga lahan di samping eks Kantor Gubernur Kalsel tersebut mencapai Rp31 miliar.

"Sisanya di anggaran perubahan, sertifikatnya dipegang oleh notaris," tegasnya.

Meski masih terikat ngutang, Dinas PUPR Banjarmasin sendiri sudah berangan-angan akan desain rumjab wali kota. Yakni, khas rumah khas Banjar beserta relief.

"Karena itu ‘kan rumah pejabat, karena itu simbol yang harus dimunculkan," tuturnya.

Wali kota, lanjut dia, sudah memberi masukan dalam pembangunan Rumjab saat rapat akhir bersama konsultan pembangunan baru-baru tadi.

"Pak wali dapat lahan strategis yang ada di pinggir sungai, sesuai keinginan selama ini," pungkasnya.

Eks TKP Penusukan Bakal Rumjab Wali Kota Banjarmasin



Komentar
Banner
Banner