Kalsel

Bangun Pintu Gerbang, Jalan Sekumpul Samping Masjid Pancasila Ditutup Sementara

apahabar.com, MARTAPURA – Dear pengendara yang melintas di Jalan Sekumpul. Ada pengerjaan pintu gerbang Sekumpul, hingga…

Featured-Image
Pembangunan Gerbang 2 penataan kawasan Sekumpul, akses ditutup sementara. Foto-apahaba.com/HendraLianor

bakabar.com, MARTAPURA – Dear pengendara yang melintas di Jalan Sekumpul. Ada pengerjaan pintu gerbang Sekumpul, hingga akses jalan samping Masjid Pancasila ditutup sementara.

Pengerjaan pintu gerbang itu, merupakan bagian dari paket pemerintah pusat dalam rangka penataan kawasan Sekumpul.

Sekumpul merupakan salah satu kawasan wisata religi Kabupaten Banjar.

Saban tahun, haul KH Muhammad Zaini bin Abdul Gani atau Guru Sekumpul digelar, dihadiri jutaan jemaah hingga dari luar negeri.

Ada pun akses yang sementara ditutup yakni dari depan Jalan Sekumpul atau persis samping Masjid Syi’arus Sholihin, kerap disebut Masjid Pancasila, hingga jembatan irigasi.

Namun, penutupan ini hanya berlaku siang hari, dan bersifat sementara selama pengerjaan pintu gerbang Sekumpul saja.

Bagi warga yang ingin melintas, terpaksa menggunakan jalur alternatif lainnya.

Pengawas pengerjaan gerbang Sekumpul, Supri mengatakan sudah menngantopi izin menutup jalan selama 4 hari, yakni sampai Kamis 2 Desember mendatang.

“Karena saat ini para pekerja sedang melakukan las besi gerbang di atas, sehingga untuk mengantisipasi bahaya bagi pengguna jalan juga pengerjaan tidak terganggu, sehingga harus ditutup sementara,” ungkap Supri.

Pembangunan gerbang ini semula ditargetkan selesai akhir November ini. Namun karena ada kendala sehingga molor.

“Pertama faktor cuaca. Tidak mungkin pekerja melakukan las listrik di atas sana dengan kondisi hujan seharian seperti kemarin,” ungkapnya.

Kendala lainnya, lanjut Supri lagi, adanya kabel tiga listrik yang belum dicabut pigak PLN. Sebab salah satu sisi gerbang terkena listrik.

“Tidak tahu kapan kabel listriknya bakal dicabut. Nanti kan kabelnya itu mau ditaroh di tanah, tidak lagi berada di atas,” tuturnya.

Jika seandainya tidak ada kabel listrik tersebut, ia memastikan dalam 10 hari ke depan pembangunan gerbang dapat selesai.

Sekadar diketahui, pembangunan pintu gerbang di kawasan Sekumpul terbagi dan terletak di kawasan 1 dan 2.

Pintu gerbang kawasan 1 sebanyak 4 gerbang, terdiri gerbang A depan masjid, gerbang B Jalan Sekumpul, Gerbang C di depan pos polisi, dan gerbang D di depan Pusat Perbelanjaan Sekumpul (PPS).

Kemudian, pintu gerbang kawasan 2 di samping Masjid Pancasila. Di sana nantinya ada pembangunan gardu multifungsi yang berguna untuk tempat tandon air, wc umum dan pos keamanan.

Sekaligus akan dibangun jalur saluran irigasi di samping jembatan irigasi Sekumpul serta akan ditata pembangunan pusat perbelanjaan untuk penataan UMKM masyarakat sekitar.

Komentar
Banner
Banner