Nasional

Baku Tembak dengan KKSB Papua, 2 Prajurit TNI Gugur

apahabar.com, JAKARTA – Dua anggota TNI meninggal dalam baku tembak dengan kelompok sparatis di Papua atau Kelompok Kriminal…

Featured-Image
Ilustrasi prajurit TNI. Foto-Antara

bakabar.com, JAKARTA - Dua anggotaTNImeninggal dalam baku tembak dengan kelompok sparatis di Papua atau Kelompok Kriminal Sparatis Bersenjata (KKSB) pada Selasa (17/12).

Dua anggota yang gugur adalah Lettu Erizal Zuhri dan Serda Rizky.

“Kontak tembak yang terjadi pada Selasa sekitar pukul 15.30 WIT tersebut menyebabkan dua prajurit TNI gugur saat melaksanakan tugas dalam menjamin keamanan warga Papua,” ujar Kependam XVII/Cenderawasih, Kolonel Cpl Eko Daryanto, melalui keterangan tertulis yang ia berikan, Rabu (18/12).

Satgas Gakum TNI-Polri telah beberapa kali mendapat informasi dari warga masyarakat Sugapa tentang gangguan keamanan yang mereka rasakan saat melaksanakan persiapan perayaan Natal. Masyarakat mendapat gangguan keamanan berupa intimidasi, kekerasan fisik, perampokan, pemerkosaan, dan perampasan.

“Serta penjarahan harta benda yang dilakukan oleh KKB diduga sebagai pelaku penembakan terhadap tiga pengemudi ojek pada bulan Oktober 2019,” jelas Eko.

Menindaklanjuti laporan tersebut, Satgas Gakum TNI-Polri meningkatkan kegiatan patroli pengamanan di tempat yang diduga menjadi basis kegiatan KKSB.

Pada saat melaksanakan patroli keamanan, terjadi kontak tembak yang mengakibatkan dua anggota TNI, yakni Lettu Inf Erizal Zuhri Sidabutar dan Serda Rizky, gugur.

“Saat ini kedua jenazah dalam proses evakuasi,” ucap Eko.

Pascakontak tembak, Satgas Gakum TNI-Polri terus melakukan pengejaran terhadap KKSB yang melarikan diri ke dalam hutan. Selain itu, Satgas Gakum TNI-Polri juga akan terus memastikan terjaminnya keamanan masyarakat menjelang perayaan Natal di Papua.

Baca Juga:Baku Tembak dengan Teroris di Deli Serdang Satu Polisi Terluka

Baca Juga:Satu Polisi Terluka, Simak Kronologis Lengkap Baku Tembak di Tanah Laut

Sumber: Republika.co.id
Editor: Aprianoor



Komentar
Banner
Banner