Pemkab Hulu Sungai Tengah

Bahas Kebutuhan Pelayanan, Disdik HST Godok Renstra 5 Tahun ke Depan

apahabar.com, BARABAI – Dinas Pendidikan (Disdik) Hulu Sungai Tengah (HST) menggodok kebutuhan pelayanan perangkat daerah untuk…

Featured-Image
Disdik HST menggelar Forum Perangkat Daerah di Aulanya, Selasa (26/5). Foto-apahabar.com/Lazuardi

bakabar.com, BARABAI – Dinas Pendidikan (Disdik) Hulu Sungai Tengah (HST) menggodok kebutuhan pelayanan perangkat daerah untuk lima tahun mendatang.

Dalam forum perangkat daerah yang digelar Disdik dengan dihadiri jajaran kependidiakan, dibahas isu strategis. Tujuannya untuk membahas rencana strategis (Renstra) selama 5 tahun ke depan, 2021-2026 dalam hal pelayanan pendidikan di HST.

“Tujuan forum ini mengkomunikan hasil kajian oleh Perangkat Daerah atas kebutuhan pelayanan sesuai atau yang telah dijabarkan dalam RPJMD HST,” kata Plt Kadisdik, Chairiah usai diskusi forum, Selasa (26/5).

Chairiah menilai, forum yang digelar itu diperlukan untuk memperoleh penajaman, penyelarasan, klarifikasi dan kesepakatan untuk kepentingan yang terkait dengan tugas dan fungsi Disdik sebagai perangkat daerah.

“Baik itu tujuan dan sasaran pelayanan daerah jangka menengah, strategi dan kebijakan pelayanan, program dan kegiatan prioritas perangkat daerah lima tahun mendatang, serta indikator kinerja yang mengacu pada tujuan dan sasaran rancangan awal RPJMD,” jelas Chairiah.

Mengenai Renstra dan arah kebijakan, Chairiah menyebut mengacu kepada Kemendikbud dan visi-misi Bupati HST.

Sesuai dengan Renstra Kemendikbud 2020-2024, pendidikan yang relevan, berkualitas tinggi, merata dan berkelanjutan, didukung oleh infrastruktur dan teknologi agar diwujudkan. Selain itu, juga mewujudkan pelestarian dan kemajuan kebudayaan serta pengembangan bahasa dan sastra.

Peran serta seluruh pemangku kepentingan untuk mendukung transformasi dan reformasi pengelolaan pendidikan dan kebudayaan pun harus diwujudkan.

Sementara sesuai visi misi Bupati, agar terwujudnya HST yang lebih Makmur, Unggul, dan Dinamis (MUDA).

“Misi I, menjadikan HST sebagai kabupaten yang menerapkan tata kehidupan sosial dengan nilai-nilai spritual dan kultural. Misi II, mewujudkan Pemerintahan yang berintegritas, responsif dab profesional. Misi III, meningkatkan kualitas sumber daya manusia dengan prinsip memanusiakan manusia,” tutup Chairiah.

Hadir dalam forum, Dewan Pendidikan, Dewan Kesenian, Komite Sekolah, Penilik, Pengawas TK/SD/SMP, Pengurus HIMPAUDI, IGTKI, K3S, Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) dan PGRI.



Komentar
Banner
Banner