Olahraga

Awali Musim Baru Kejurnas Sprint Rally, HRVRT Usung Livery Anyar

Mengawali musim baru Kejurnas Sprint Rally 2024, HRVRT HBM BGM BMB Binuang tampil lebih segar.

Featured-Image
HM Rihan Variza menjajal Sirkuit Perancak yang menjadi venue putaran pembuka Kejurnas Sprint Rally 2024. Foto: HRVRT Official

bakabar.com, DENPASAR - Mengawali musim baru Kejurnas Sprint Rally 2024, HRVRT HBM BGM BMB Binuang tampil lebih segar.

Menandai putaran pembuka di Sirkuit Perancak, Desa Perancak, Kecamatan Jembrana, Bali, Sabtu hingga Minggu (3-4/1), mereka mengusung livery baru.

Masih mengandalkan Hyundai i20 Rally2, HM Rihan Variza menggunakan livery mobil yang dominan berwarna biru, ditambah gradasi silver.

Sementara semusim sebelumnya, mobil menggunakan livery khas Hyundai yang berwarna putih merah dan gradasi biru.

Tidak hanya warna mobil, Rihan juga akan ditemani co driver anyar. Setelah Anthony Sarwono memilih pensiun, pereli Kalimantan Selatan ini ditemani Muhammad Fahrezi.

Diketahui Anthony Sarwono andil besar mendampingi Rihan menjadi juara umum nasional Kejurnas Sprint Rally 2023.

Menambah nuansa baru, Sirkuit Perancak juga akan kali pertama setelah 17 tahun menggelar event olahraga otomotif lagi.

Sebelumnya sirkuit yang sudah eksis sejak 1987 itu tidak henti-hentinya menyelenggarakan event otomotif. Mulai dari motocross dan grasstrack, hingga offroad.

Baca Juga: Sah Juara Nasional Sprint Rally 2023, Rihan Variza Disambut Pelukan Sang Bunda di Podium

Baca Juga: Kejurnas Rally 2023 Berakhir, HRVRT Raih Juara Nasional Team

Adapun lintasan sprint rally dibuat sepanjang sepanjang 4,7 kilometer di atas lintasan full gravel. Tersedia 4 Special Stage (SS) dengan total jarak 18,8 kilometer.

Tercatat 70 peserta akan tampil, termasuk tim-tim besar lain seperti Toyota Gazoo Racing Indonesia, LFN Sederhana Motorsport, Delta Garage, dan AHSRT.

Kemudian terjadi perubahan grup dan kelas. Posisi grup M yang sebelumnya paling bergengsi, digantikan oleh grup H.

Dalam peraturan terbaru kejurnas sprint rally dan rally, kendaraan di grup H merupakan sedan yang memiliki homologasi FIA dan AP4.

Grup H menyediakan dua kelas masing-masing H1 dan H2. Kelas H1 yang akan diikuti Rihan Variza, diharuskan mobil sedan berhomologasi FIA Rally1 dan Rally2.

Sedangkan kelas H2 diikuti mobil-mobil sedan berhomologasi FIA Rally3 dan AP4.

Sementara grup M dalam regulasi terbaru, diikuti sedan 4WD yang memiliki homologasi masih berlaku, habis masa homologasi, atau tak memiliki homologasi dengan kapasitas mesin maksimal 2.000cc force induction.

Mobil yang masuk kriteria grup M, baik kelas M1 maupun M2 di antaranya Mitsubishi Evo IX, Subaru WRX STi, dan Mazda Familia.

Editor
Komentar
Banner
Banner