Konsol Game Asus

Asus Luncurkan Konsol Game Terbaru ROG Ally, Siap Saingi Steam Deck

Perusahaan teknologi, Asus, menghadirkan konsol game portable ROG Ally yang merupakan saingan dengan Steam Deck milik Valve.

Featured-Image
Asus ROG Ally siap saingi Steam Deck. (Foto: dok. Engadget)

bakabar.com, JAKARTA - Perusahaan teknologi, Asus, menghadirkan konsol game portable ROG Ally yang merupakan saingan dengan Steam Deck milik Valve.

Konsol terbaru ROG Ally diperkenalkan melalui unggahan video dari akun YouTube resmi ROG Global. Meski terkesan mirip Steam Deck, ada beberapa perbedaan pada dua konsol gaming tersebut.

Perbedaan dengan Steam Deck

Perbedaan paling terlihat ada di warna konsol, jika Steam Deck didominasi dengan warna hitam, ROG Ally berkelir warna putih.

Pada bagian depan kedua konsol handheld yang sama-sama dilengkapi tombol operasi ABXYA, R1-R2, L1-L2, dua buah analog, tombol navigasi arah (d-pad), tombol menu, dan lubang untuk sirkulasi udara.

Baca Juga: Asus Rog Phone 6 Batman, HP dengan Tampilan Khas Pahlawan Gotham City

Akan tetapi, lokasi penempatan sejumlah tombol itu berbeda, contohnya tombol navigasi arah ROG Ally yang diletakkan di tengah konsol sementara tombol Steam Deck diposisikan di bagian pinggir.

Selain itu, ROG Ally juga tidak memiliki tombol untuk membuka menu aplikasi Steam dan touchpad yang digunakan untuk kontrol mouse.

Di bagian punggung konsol tersebut, Asus ROG Ally hanya dibekali satu pasang tombol belakang, berbeda dengan Steam Deck yang dilengkapi dua pasang tombol.

Bagian atas konsol, ROG Ally dilengkapi headphone jack, slot microSD, tombol volume, sensor fingerprint yang merangkap sebagai tombol power, dan port yang dapat dihubungkan dengan unit pengolah grafis (GPU) eksternal Asus XG Mobile.

Baca Juga: iPhone 14 Warna Kuning Sudah Bisa Dibeli di Indonesia, Cek Harganya

Port tersebut juga memiliki bagian kecil berupa konektor USB-C untuk keperluan pengisian daya.

Sementara itu, di bagian yang sama, Steam Deck dilengkapi oleh headphone jack, tombol volume, power, port USB-C, dan status LED.

Tak hanya itu, untuk slot microSD Steam Deck ditempatkan di bagian bawah konsol, berbeda dengan ROG Ally.

Spesifikasi

Untuk masalah ukuran, ROG Ally lebih kecil dengan bobot 608 gram dan dimensi 280 mm x 113 mm x 39 mm. Sementara Steam Deck berbobot 669 gram dengan dimensi 298 mm x 117 mm x 50,5 mm.

Menuju ke layar, Asus ROG Ally mengusung layar 7 inci dengan resolusi 1.920 x 1.080 piksel, rasio aspek 16:9, refresh rate 120 Hz, dan tingkat kecerahan (brightness) 500 nits.

Baca Juga: Pilihan Ponsel Samsung untuk Main Gim, Didukung Chipset Mediatek

Untuk dapur pacunya, Asus ROG Ally ditenagai prosesor AMD Zen 4 versi custom, dengan GPU berbasis RDNA 3.

Pihak Asus mengklaim bahwa konsol portabelnya memiliki performa dua kali lipat lebih baik dari Steam Deck.

Untuk bagian software, ROG Ally menjalankan sistem operasi (OS) Windows 11 sehingga lebih kompatibel dengan berbagai game di pasaran.

Baca Juga: Gim Luna Fantasia Mobile Tawarkan Fitur Menarik, Penasaran Mau Coba?

Konsol tersebut didukung pula oleh aplikasi ASUS yang mencakup launcher untuk game, pengaturan cahaya RGB konsol, pengatur FPS, dan masih banyak lagi.

Pihak Asus dikabarkan akan meluncurkan konsolnya secara global kendati belum ada tanggal resmi yang pasti.

Lebih lanjut, Asus juga mengklaim bahwa ROG Ally akan dipasarkan dengan harga yang kompetitif.

Editor


Komentar
Banner
Banner