Habar Ramadan

Arus Mudik Lebaran 2023 Diperkirakan Meningkat, Polres HSS Gelar Operasi Ketupat Intan

Arus mudik lebaran Idulfitri 1444 hijriah diperkirakan meningkat dibandingkan tahun sebelumnya, Selasa (18/4).

bakabar.com, KANDANGAN - Arus mudik lebaran Idulfitri 1444 hijriah diperkirakan meningkat dibandingkan tahun sebelumnya.

Mengantisipasi terjadinya rawan kecelakaan dan kemacetan, Satlantas Polres Hulu Sungai Selatan (HSS) menggelar operasi ketupat intan selama 14 hari sejak 18 April sampai dengan 1 Mei 2023.

Operasi ketupat intan 2023 ini melibatkan Kodim 1003/HSS, Subdenpom VI/ 2-1 Kandangan, Satpol PP dan Damkar HSS, Dinas Perhubungan HSS, Dinas Kesehatan HSS, serta organisasi kemasyarakatan.

Wakapolres HSS Kompol Rissan Sumaremare menjelaskan bahwa posko dibangun dua titik yakni di Lapangan MTQ Kandangan dan Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Loksado.

"Ada dua, pertama Posko Terpadu dan Posko Pengamanan berada di Kecamatan Loksado," kata Kompol Rissan Sumaremare, Selasa (18/4).

Pihaknya memastikan, lokasi rawan kecelakaan pada sejumlah titik akan dipasang rambu atau peringatan supaya pengendara lebih hati-hati.

"Yang rawan jalur Kalumpang-Margasari karena sebagian masih tergenang, kemudian jalan di Loksado yang sedang dalam perbaikan," lanjut Wakapolres HSS.

Mulainya operasi ketupat intan 2023 ditandai dengan apel gelar pasukan gabungan di Mapolres HSS pada Senin (18/4) kemarin sore.

Bupati HSS Achmad Fikry menjelaskan, pergerakan masyarakat mengalami peningkatan sebesar 44 persen dalam mudik lebaran berdasarkan pemberitahuan dari Kementerian Perhubungan.

"Kami telah minta kepada dinas kesehatan agar selalu siaga di jalan jika sewaktu-waktu terjadi kecelakaan lalu lintas," ucap Bupati Fikry.

Selanjutnya yang perlu diperhatikan kepada masyarakat adalah melapor kepada RT/RW jika rumahnya ditinggal mudik lebaran.

"Antisipasi pencurian melalui penguatan patroli serta mengaktifkan siskamling di permukiman warga," tuturnya.

Editor
Komentar
Banner
Banner