News

Apa Itu Cap Go Meh? Ini Sejarah dan Tradisi Perayaannya

Istilah Cap Go Meh memang tak asing berkaitan dengan Imlek. Cap Go Meh adalah salah satu tradisi yang berhubungan dengan perayaan tahun baru Imlek yang dirayaka

Featured-Image
Cap Go Meh. Foto-net

bakabar.com, BANJARMASIN - Istilah Cap Go Meh memang tak asing berkaitan dengan Imlek. Cap Go Meh adalah salah satu tradisi yang berhubungan dengan perayaan tahun baru Imlek yang dirayakan beberapa hari setelah dirayakannnya tahun baru Imlek.

Lantas apa arti dari Cap Go Meh sebenarnya? Bagaimana sejarah awal mula perayaan Cap Go Meh? Untuk mengetahui lebih lanjut, simak serba-serbinya berikut ini.

Cap Go Meh Artinya Apa?

Mengutip dari situs resmi Kemenag, Cap Go Meh adalah malam purnama pertama pada tahun baru Imlek.

Secara umum, Cap Go Meh dikenal sebagai saat puncak sekaligus penutupan tahun baru, atau penutup dari rangkaian tahun baru Imlek.

Perayaan Cap Go Meh adalah pada tanggal 15 bulan pertama Imlek. Istilah Cap Go Meh berasal dari dialek bahasa Hokkian yang artinya malam ke-15. Secara harfiah, Cap Go Meh artinya Cap=Sepuluh, Go=Lima, Meh=Malam.

Sejarah Awal Mula Cap Go Meh

Merujuk jurnal yang ditulis oleh Listya Ayu dan Ayu Indah Wardhani dari FIB Universitas Indonesia yang berjudul 'Perjalanan Multikultural dalam Sepiring Ketupat Cap Go Meh', sejarah Cap Go Meh sudah ada sejak ratusan tahun yang lalu.

Sejarah Cap Go Meh sudah ada sejak abad 2 masehi di era Dinasti Han, dinasti kekaisaran di Tiongkok (China). Tradisi Cap Go Meh ini kemudian terbawa sampai ke Indonesia melalui akulturasi dari masyarakat Tionghoa peranakan.

Baca Juga: Dirayakan Besok, Apa Saja Kegiatan Saat Cap Go Meh?

Bagaimana tradisi perayaan Cap Go Meh?

HALAMAN
12
Editor


Komentar
Banner
Banner