Gaya Hidup

Apa Itu Bleketepe dalam Prosesi Rangkaian Pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono?

Apa itu bleketepe? Istilah yang kerap digunakan saat prosesi pernikahan adat Jawa ini mungkin masih cukup asing di telinga sebagian orang. Seperti dalam rangkai

Featured-Image
Pemasangan Bleketepe oleh Jokowi di Acara Siraman Kaesang Pangarep. Foto-net

bakabar.com, BANJARMASIN - Apa itu bleketepe? Istilah yang kerap digunakan saat prosesi pernikahan adat Jawa ini mungkin masih cukup asing di telinga sebagian orang. Seperti dalam rangkaian prosesi acara pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono, pemasangan bleketepe dilakukan termasuk oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Dilansir detikJateng, Jumat (9/12), prosesi siraman Kaesang dilakukan di kediaman Jokowi di Sumber, Banjarsari, Solo, Jawa Tengah pukul 09.00 WIB.

Prosesi ini juga digelar di kediaman calon mempelai putri Erina Sofia Gudono di Mlati Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Sesuai dengan adat dan tradisi, sebelum prosesi siraman, dilakukan pemasangan bleketepe. Pemasangan bleketepe ini dilakukan oleh Presiden Jokowi didampingi oleh Ibu Negara Iriana Jokowi.

Lantas, apa yang dimaksud dengan bleketepe itu? Simak penjelasannya berikut ini.

Apa itu Bleketepe?

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), istilah bleketepe yang berasal dari dalam Bahasa Jawa. Bleketepe adalah anyaman daun kelapa yang dipasang di depan rumah sebagai tanda pesta pernikahan. Bleketepa ini dipasang untuk atap rumah dan sebagainya.

Sementara merujuk jurnal 'Tarub dan Perlengkapannya Sarat dengan Makna dan Filosofi' (Teknobuga Vol 2 No 1, 2015), seperti dilansir detikJateng, bleketepe artinya anyaman daun kelapa. Pemasangan bleketepe termasuk dalam serangkaian acara pemasangan tarub atau yang dalam Bahasa Indonesia artinya atap untuk sementara selama upacara berlangsung.

Pemasangan bleketepe termasuk salah satu dari prosesi pernikahan adat budaya pengantin Jawa. Rangkaian bleketepe terbuat dari daun kelapa berbentuk tujuh bujur sangkar berukuran 50x50 centimeter. Bleketepe juga dipasang bersama perlengkapan lainnya seperti pohon pisang, buah pisang raja, tebu, buah kelapa, daun beringin dan janur kuning.

Lantas apa makna di balik pemasangan bleketepe?

HALAMAN
12
Editor


Komentar
Banner
Banner