Pelatihan Kebakaran

Antisipasi Kebakaran di Pemukiman, Kelurahan Baru Gelar Pelatihan Balakarcana

Kelurahan Baru, Kecamatan Tenggarong, menggelar Penyuluhan dan Pelatihan Pemadam Kebakaran di Balai Pertemuan Umum (BPU) kelurahan, Selasa (10/10).

Featured-Image
Suasana pelatihan Balakarcana di Kelurahan Baru.Foto: Istimewa.

bakabar.com, TENGGARONG - Kelurahan Baru, Kecamatan Tenggarong, menggelar Penyuluhan dan Pelatihan Pemadam Kebakaran di Balai Pertemuan Umum (BPU) kelurahan, Selasa (10/10).

Kegiatan itu dilakukan debagai upaya mengantisipasi kebakaran kawasan pemukiman yang marak terjadi di Kutai Kartanegara (Kukar). Tujuannya untuk membekali masyarakat dengan pengetahuan taktis saat berhadapan dengan peristiwa kebakaran.

Baca Juga: Bupati Kukar Minta Pekan Inovasi dan Kreativitas 2023, Tingkatkan Kualitas Layanan Publik

Pelatihan tersebut diikuti oleh 20 orang peserta. Mereka langsung dilatih oleh narasumber dari Basarnas Samarinda, serta Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Disdamkarmatan) Kukar.

Lurah Kelurahan Baru, Bayu Ramanda mengatakan Kegiatan ini sengaja digelar untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat saat menghadapi kobaran api.

Kukar Mitra Pembangunan IKN-bakabar.com
Kukar Mitra Pembangunan IKN.Foto: Diskominfo Kukar.

"Tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan semangat masyarakat di Kelurahan Baru terkait pemadam kebakaran. Setelah pelatihan, Kelurahan Baru akan melanjutkan rekrutmen terkait arahan dari Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kukar untuk program relawan," terang Bayu.

Sementara itu, Koordinator Siaga Satu Reserse Basarnas Samarinda Riqi Efendi mengatakan, pelatihan ini mencakup ilmu Pertolongan Pertama Medis (Medical First Responder/MFR) untuk memberikan pengetahuan mengenai pertolongan pertama saat menemukan korban.

Baca Juga: Tingkatkan SDM, Pemkab Kukar Terus Salurkan Beasiswa ke Pelajar hingga Guru

MFR merupakan langkah awal dalam tim penyelamatan yang bertujuan untuk menyelamatkan diri sendiri, lingkungan, tim, dan korban.

"Peserta diharapkan memahami kompetensi yang diperlukan dan terus berlatih, karena ilmu-ilmu ini terus berkembang," pungkasnya.(ADV/Diskominfo Kukar)

Editor


Komentar
Banner
Banner