tanah bumbu

Antisipasi Bencana, BPBD Tanah Bumbu Petakan Wilayah Rawan di Desa Sela Selilau

apahabar.com, BATULICIN – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tanah Bumbu melakukan pemetaan potensi ancaman bencana…

Featured-Image
Petugas BPBD Tanah Bumbu saat turun ke lapangan. Foto-Istimewa.

bakabar.com, BATULICIN - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tanah Bumbu melakukan pemetaan potensi ancaman bencana di Desa Sela Selilau Kecamatan Karang Bintang.

Pemetaan dilakukan untuk mempermudah dilakukannya penanganan bencana apabila terjadi nantinya.

Kepala Pelaksana BPBD Tanah Bumbu, Eryanto Rais, mengatakan pemetaan daerah rawan bencana melalui pengumpulan data-data geografis maupun demografis terkait kebencanaan di desa.

Eryanto menyebut untuk peta rawan bencana, BPBD Tanah Bumbu sudah memilikinya pertahun 2019. Namun pemetaan yang dilakukan sekarang dimaksudkan untuk mengupdate data-data kebencanaan yang sifatnya dinamis seperti data kelompok rentan, tempat evakuasi, dan data dinamis lainnya.

“Dengan adanya pemetaan ini diharapkan daerah sudah memiliki data-data dasar terkait kebencanaan di Tanah bumbu,” tuturnya, Jumat (18/2).

Eryanto menuturkan pemetaan tersebut juga sebagai bahan pertimbangan dalam pengambilan kebijakan, baik yang sifatnya mitigasi/pencegahan dan pengurangan risiko bencana maupun yang sifatnya kedaruratan saat terjadi bencana.

Diketahui dari hasil pemetaan potensi ancaman bencana di Desa Sela Selilau terdapat dua titik yakni di RT 03 dan RT 04.

Sedangkan alternatif lokasi evakuasi jika terjadi bencana banjir terdapat di tiga titik yakni di Pasar Batu Kemudi, SDN Desa Sela Selilau, dan Gedung Poskesdes.

Sementara untuk opsi tempat evakuasi tergantung ketinggian air saat terjadi bencana banjir.

Komentar
Banner
Banner