Pemkab Kotabaru

Antisipasi Banjir Terulang, Dinas PUPR Kotabaru Bersihkan Sungai di Baharu

apahabar.com, KOTABARU – Belakangan ini, jajaran Dinas PUPR Kotabaru gencar terjun membersihkan aliran sungai di kawasan…

Featured-Image
Petugas Dinas PUPR Kotabaru berjibaku membersihkan aliran sungai Baharu menjegah terjadinya banjir di musim penghujan. Foto-Tuti for apahabar.com

bakabar.com, KOTABARU – Belakangan ini, jajaran Dinas PUPR Kotabaru gencar terjun membersihkan aliran sungai di kawasan pusat kota.

Hal itu dilakukan, guna mencegah terjadinya luapan air sungai di Baharu, Kecamatan Pulau Laut Sigam, saat musim penghujan ini.

“Intinya, mencegah banjir, petugas kami akan terus melakukan pembersihan sampah yang mengotori aliran sungai di pusat kota kita ini,” ujar Kadis PUPR, melalui Sekretaris Dinas PUPR Kotabaru, Suprapti Tri Astuti, Sabtu (20/2).

Suprapti bilang, memelihara kebersihan sungai menjadi tanggung jawab bersama. Sehingga, sungai tetap bersih, lancar dan tidak terjadi luapan ketika intensitas hujan tinggi tiba.

“Sejauh ini, petugas kami sudah kerja keras membersihkan sungai itu. Jadi, untuk masyarakat kami minta tidak lagi berkebiasaan buang sampah ke sungai,” pinta Tuti, sapaan akrabnya itu.

Selain itu, Tuti meminta kesadaran lebih kepada masyarakat, khususnya yang tinggal di kawasan bantaran sungai bersama ikut andil dalam menjaga kebersihan, dan kelestarian sungai.

“Jadi, yang terpenting, kita semua harus sama-sama sadar kalau kebersihan sungai itu utama, guna mencegah hal yang tak diinginkan terjadi,” ujarnya.

Sebagai informasi, sungai Baharu itu sempat meluap pada awal Maret 2012. Banjir besar itu juga menelan tiga orang korban jiwa.

Komentar
Banner
Banner