Kalsel

Animal Rescue Damkar Banjar Serahkan King Kobra ke Kebun Binatang Banjarmasin

apahabar.com, MARTAPURA – Animal Rescue Damkar Banjar menyerahkan king kobra hasil evakuasi ke Kebun Binatang Mini…

Featured-Image
Animal Rescue Damkar Banjar menyerahkan reptil jenis king kobra ke Kebun Binatang Mini Banjarmasin. Foto: Istimewa

bakabar.com, MARTAPURA – Animal Rescue Damkar Banjar menyerahkan king kobra hasil evakuasi ke Kebun Binatang Mini Kota Banjarmasin, Kamis (15/4) sore.

Kepala UPT Damkar Banjar, Gusti Yudhi, mengatakan pihaknya telah menyerahkan 1 ekor ular hasil rescue jenis king kobra, dengan panjang 1 meter kepada pihak UPT Poliklinik Hewan dan Kebun Binatan Mini Kota Banjarmasin.

“Tadi kita telah menyerahkan hewan reptil berbisa, jenis king kobra ke pihak Kebun Binatang Mini di Banjarmasin,” tuturnya.

Yudhi bilang, pihak Kebun Binatang Mini, tertarik untuk mengoleksi hewan tersebut, lantaran memiliki warna unik pada bagian leher dan kepala terdapat warna keemasan.

Reptil berbisa itu, diterangkan Yudhi didapat pihaknya dari hasil rescue di salah satu rumah warga di Komplek Lampu Indah RT 17 RW 006 Desa Gambut, Kecamatan Gambut, pada Selasa (13/4) lalu.

“Ular ini kita evakuasi berdasarkan laporan warga karena masuk ke dalam rumah dan membahayakan,” tuturnya.

Ditambahkannya, proses evakuasi sang ular, memakan waktu 15 menit, hingga berhasil diamankan oleh petugas rescue.

“Kita memakan waktu 15 menit, karena proses pencarian ular yang bersembunyi di dalam rumah,” tuturnya.

Dalam kejadian seperti itu, Gusti Yudhi mengatakan, jika warga menemui situasi tersebut jangan sesekali mengambil risiko untuk mengevakuasi sendiri.

“Jika minim peralatan dan belum mengetahui caranya, jangan berani mengambil risiko untuk mengevakuasi sendiri, lebih baik hubungi yang berpengalaman dan anggap saja semua ular berbisa, agar kita selalu waspada,” tuturnya.

Untuk pelaporan terkait Animal Rescue, pihak Damkar Banjar telah menyediakan nomer telpon khusus, 0511-6750112/085752877887 atau Call Center 112 Pemkab Banjar (free).



Komentar
Banner
Banner