Pemilu 2024

Anies Harap Demokrat Bisa Kembali ke Koalisi Perubahan

Bakal capres Anies Baswedan mengaku masih memiliki harapan jika Partai Demokrat ingin kembali bergabung ke Koalisi Perubahan untuk Persatuan.

Featured-Image
Anies Baswedan mengenakan Uis Beka Buloh yang disematkan oleh pendukungnya saat bertatap muka dengan relawan di Desa Hulu, Pancur Batu, Deli Serdang, Minggu (3/9). Foto: apahabar.com/Budi Warsito

bakabar.com, JAKARTA - Bakal capres Anies Baswedan mengaku masih memiliki harapan jika Partai Demokrat ingin kembali bergabung ke Koalisi Perubahan untuk Persatuan.

"Ya tentu, berkali-kali kami sampaikan juga kehadiran PKB adalah menambah kekuatan dan kami berharap kekuatan ikhtiar perubahan ini juga terjaga dengan Demokrat masih bersama-sama," kata Anies di Surabaya, Sabtu (9/9).

Anies mengatakan dirinya akan menyambut Demokrat dengan tangan terbuka bila mereka kembali ke koalisi yang telah dibangun bersama. Namun, ia tak memaksa dan tetap menghormati apapun keputusan yang diambil partai berlogo Mercy tersebut.

"Kami menyambut baik, sambil kami menghormati putusan yang diambil," ujarnya.

Baca Juga: Hasto Sindir Anies Baswedan, PDIP Tak Berkhianat Jika Berkoalisi

Sebelumnya, Cak Imin juga mengungkapkan harapan serupa, ia ingin PKS tetap berada di dalam koalisinya. Dia juga berharap Demokrat kembali ke barisan koalisi mereka.

Hal itu disampaikan Cak Imin saat menjawab pertanyaan wartawan soal perkembangan dukungan PKS terhadapnya. Menurutnya, akan lebih baik jika semakin banyak partai yang bergabung mendukung pasangan Anies-Cak Imin.

"Dan koalisi kita ini akan semakin banyak semakin bagus. Banyak partai yang bergabung akan bagus. Bahkan kita berharap Demokrat juga bisa bergabung kembali," kata Cak Imin di Kompleks Pemakaman Sunan Gunung Jati, Cirebon, Jawa Barat, Jumat (8/9).

Baca Juga: Cak Imin Diperiksa KPK, Wasekjen Demokrat Beri Pesan Menohok

Sementara itu, hasil pertemuan 38 Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrat mengungkap permintaan kepada Dewan Pimpinan Pusat DPP dan Majelis Tinggi Partai untuk menutup pintu dukungan kepada Anies Baswedan.

"Satu hal yang pasti, tidak ada kata CLBK (cinta lama bersemi kembali). Ini masalah kehormatan partai yang dianggap dilukai dan dianggap dikhianati. Bahasanya seperti itu, sehingga bagi mereka CLBK tidak mungkin terjadi," kata Kepala Badan Komunikasi Strategis DPP Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra beberapa waktu lalu.

Editor


Komentar
Banner
Banner