Pemilu 2024

Anies Baswedan ke Pesantren di Surabaya, Dapat 5 Usulan Cawapres

Anies Baswedan berkunjung ke pesantren di Surabaya. Dia membocorkan 5 usulan nama cawapres pendampingnya dari para ulama NU.

Featured-Image
Anies Baswedan dapat 5 usulan cawapres (Foto: Tangkapan Layer)

bakabar.com, JAKARTA - Calon Presiden (capres) Anies Baswedan berkunjung ke pesantren di Surabaya. Anies juga membocorkan 5 usulan nama calon wakil presiden (cawapres) pendampingnya dari para ulama Nahdlatul Ulama (NU).

Nama yang diusulkan adalah Yenny Wahid, Khofifah Indar Parawansa, Muhaimin Iskandar, Agus Harimurti Yudhoyono, hingga Mahfud MD. Anies menyampaikan hal itu usai berkunjung ke Pondok Pesantren At-Tauhid Surabaya, Kamis (10/8). 

Anies mengatakan usulan itu nama-nama pendampingnya dalam Pilpres 2024 akan semakin mengerucut. Setelah ini, nama-nama itu akan didiskusikan secara khusus bersama timnya. 

"Usulan lima nama itu menjadi bekal bagi kami untuk dibicarakan bersama,” kata Anies kepada awak media.

Baca Juga: PKS: Kedekatan Anies dan AHY Tak Transaksional, Sinyal jadi Cawapres?

Ketika ditanya nama Yenny Wahid yang menguat menjadi cawapres, Anies tidak menjawab secara spesifik dan hanya melemparkan senyum. 

"Ya pokoknya mengerucut ke lima nama. Kami terima kasih, Insyaallah nanti memudahkan," ucap Gubernur DKI Jakarta periode 2017-2022 itu. 

Anies juga membantah akan ada pengumuman cawapres dalam waktu dekat. Dia hanya mengatakan bahwa cawapres pendampingnya akan diumumkan pada waktu yang tepat.

"Kata siapa 17 Agustus diumumkan? Masih panjang," kata capres yang diusung Koalisi Perubahan itu. 

Baca Juga: Tak Didukung Golkar, Anies Pede Bertarung di Pilpres 2024

Terpisah, penyelenggara acara, Muhammad Maimun mengatakan bahwa para ulama memang berharap usulan nama cawapres itu jadi pertimbangan untuk Anies. Maimun juga mengatakan bahwa ada 2 nama lain yang diusulkan para ulama NU.

"Ya karena kiai-kiai NU usul kader NU menjadi cawapres Anies. Tidak hanya lima nama tadi, ada Said Aqil Siraj dan M Nuh," tandas Maimun.

Editor


Komentar
Banner
Banner