News

Anak Maruf Amin Didapuk Jadi Guru Besar Hukum Bisnis Halal

Anak keempat Wakil Presiden Maruf Amin, Siti Nur Azizah didapuk menjadi Guru Besar Universitas Negeri Surabaya (Unnesa) yang membidangi industri halal.

Featured-Image
Orasi ilmiah Prof Dr Hj Siti Nur Azizah, SH, Putri keempat Wapres RI saat pengukuhan jadi Guru besar Unnesa Surabaya. Foto: apahabar.com/Freddy

bakabar.com, SURABAYA - Anak keempat Wakil Presiden Maruf Amin, Siti Nur Azizah didapuk menjadi Guru Besar Universitas Negeri Surabaya (Unnesa) yang membidangi Ilmu Hukum Bisnis Halal.

Penyematan Guru Besar dilakukan di Unnesa yang disaksikan langsung Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, Kamis (16/3).

Baca Juga: Khofifah Santer Masuk Bursa Cawapres, Demokrat Berikan Kebebasan untuk Anies

Dalam orasi ilmiah Siti, ia menerangkan bahwa konsep halal menarik karena ada keilmuan di bidang perlindungan konsumen mengenai jaminan produk halal.

Apalagi, kata dia, mayoritas penduduk di Indonesia sebagian besar adalah muslim yang mengharuskan untuk mengkonsumsi barang halal sebagai kebutuhan mutlak bagi umat muslim. 

"Halal kewajiban agama. Selain itu, kebutuhan barang halal menjadi Hak Asasi Manusia yang harus dilindungi," tuturnya.

Baca Juga: Giat Mendag Jadikan Indonesia Pusat Perdagangan Produk Halal Dunia

Selain itu, industri halal membutuhkan jaminan produk yang dibuktikan dengan sertifikat halal. Meskipun dalam pelaksanaannya penuh tantangan. Industri halal merupakan hak asasi manusia untuk menggambarkan kualitas industri, bahan baku, pengolahan sesuai standar tinggi sesuai syariat Islam.

"Pembangunan industri halal di Indonesia terus berjalan. Harmonisasi dan sinkronisasi dan regulasi bisnis halal dipengaruhi ekonomi dan syariah di dalam negeri maupun luar negeri. Ini akan menjadi nilai tambah ekonomi bagi masyarakat," jelasnya.

Kini, setelah menyandang gelar profesor, dirinya mengaku seorang profesor tidak sekadar memberi nilai maslahat dan pengabdian kepada masyarakat melalui ilmu pendidikan yang sudah ditempuh.

“Melainkan turut mencetak kebaharuan di bidang pendidikan utamanya di bidang yang sedang ditekuni," imbuhnya.

HALAMAN
12
Editor


Komentar
Banner
Banner