Tak Berkategori

Aliran Listrik Kalselteng Kembali Normal

apahabar.com, BANJARMASIN – Aliran listrik di Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah akhirnya kembali normal. Setelah sempat…

Featured-Image
Ilustrasi aliran listrik kembali normal. Foto-net

bakabar.com, BANJARMASIN – Aliran listrik di Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah akhirnya kembali normal. Setelah sempat padam selama dua setengah jam.

Pihak PLN menginformasikan saat ini jalur transmisi Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) 150 kilo Volt (kV) di jalur antara Gardu Induk (GI) Muara Teweh dan GI Buntok telah bisa beroperasi lagi, Minggu (6/1/2019).

“Setelah proses pengecekan, saat ini PLTMG Bangkanai telah beroperasi kembali. Sedangkan untuk PLTU Asam-Asam Unit 3 dan 4 serta PLTU Pulang Pisau dalam tahap start mesin,” terang Supervisor Humas PLN Kalselteng, Bayu Aswenda dalam keterangan tertulis.

Asal mula pemadaman, karena dari pemantauan pada sistem kelistrikan, terjadi kenaikan frekuensi tegangan mendadak, yang menyebabkan beberapa pembangkit besar berhenti beroperasi. Diantaranya PLTMG Bangkanai, PLTU Asam-Asam Unit 3 dan 4 serta PLTU Pulang Pisau.

Namun, dampak dari gangguan malam ini, suplai listrik ke 30% pelanggan setia PLN di Kalselteng terhenti mendadak.

“Proses penormalan suplai listrik ke pelanggan kami lakukan secara bertahap untuk menjaga parameter frekuensi agar tetap stabil dan aman sampai semua pembangkit optimal menyuplai listrik,” harapnya.

Reporter: Bahaudin Qusairi
Editor: Ahmad Zainal Muttaqin



Komentar
Banner
Banner