Kalteng

Aktif Verifikasi DTKS, Tiga Desa di Kapuas Terima Penghargaan

apahabar.com, KUALA KAPUAS – Sebanyak tiga desa di Kabupaten Kapuas, memperoleh penghargaan berkat aktif memverifikasi dan…

Featured-Image
Perwakilan dari tiga desa di Kabupaten Kapuas yang menerima penghargaan, karena aktif melakukan verifikasi dan validasi DTKS. Foto: apahabar.com/Irfansyah

bakabar.com, KUALA KAPUAS – Sebanyak tiga desa di Kabupaten Kapuas, memperoleh penghargaan berkat aktif memverifikasi dan memvalidasi Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

Ketiga desa tersebut adalah Saka Lagun dan Teluk Palinget di Kecamatan Pulau Petak, serta Desa Bakungin dari Kecamatan Kapuas Hilir.

Penghargaan dari Bupati Kapuas, Ben Brahim S Bahat, diserahkan Kepala Dinas Sosial, Budi Kuniawan, kepada masing-masing kepala desa, Kamis (22/4).

“Dalam periode 2019 hingga 2020, ketiga desa tersebut aktif melakukan verifikasi dan validasi data dalam perbaikan DTKS,” ungkap Budi Kurniawan.

DTKS memiliki arti penting, karena merupakan dasar pemetaan status sosial masyarakat, serta dasar perencanaan penyelenggaraan pembangunan di bidang sosial.

“Kalau memegang DTKS yang valid, berarti pemerintah dengan mudah memetakan kondisi kesejahteraan masyarakat,” tegas Budi Kurniawan.

“Kemudian DTKS juga menjadi dasar pengusulan bantuan sosial, baik yang bersumber dari pemerintah pusat, pemerintah daerah maupun Corporate Social Responsibility (CSR),” tandasnya.



Komentar
Banner
Banner