Hot Borneo

Akhir Desember 2022, BPJN Kalsel Akan Buka Kembali Jembatan Paringin

Tidak menemui kendala berarti dalam proses pengerjaan,  perbaikan Jembatan Paringin di Balangan diperkirakan rampung dalam waktu segera.

Featured-Image
Bupati Balangan, H.Abdul Hadi, memeriksa kondisi jembatan Paringin setelah dilakukan pengecoran lantai, Rabu (30/11) malam. Foto: apahabar.com/Hendry Rusadi

bakabar.com, PARINGIN - Tidak menemui kendala berarti dalam proses pengerjaan,  perbaikan Jembatan Paringin di Balangan diperkirakan rampung dalam waktu segera.

Bahkan Balai Pelaksana Jalan Nasional (BPJN) Kalimantan Selatan selaku pelaksana, sudah menjajaki rencana membuka kembali jembatan tersebut mulai akhir Desember 2022.

Rencana tersebut bukan tak mungkin terealisasi, mengingat proses pengecoran telah selesai. Selanjutnya dalam beberapa hari kedepan, pengaspalan lantai jembatan segera dilakukan.

"Dalam beberapa hari kedepan, pengaspalan lantai akan dilakukan," jelas Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) 2.4 BPJN Kalsel, Dwi Wahyono, kepada apahabar,com, Kamis (1/12).

"Adapun pekerjaan yang masih akan dilakukan berupa penguatan rangka jembatan dengan pemasangan baja tambahan di bawah lantai," imbuhnya. 

Setelah pengaspalan dilakukan, jembatan mulai dibuka untuk akses roda empat, "Kalau roda 6 ke atas, harus menunggu penyelesaian pemasangan baja tambahan di bawah lantai," tegas Wahyono.

Berkaca dari progres yang cukup positif, Jembatan Paringin diperkirakan sudah dapat dilewati semua jenis kendaraan mulai akhir Desember 2022.

"Mudahan akhir Desember 2022 mendatang, rencana membuka Jembatan Paringin untuk semua jenis kendaraan dapat dilakukan," pungkas Wahyono.

Untuk sementara Jembatan Paringin hanya boleh dilewati kendaraan roda 2. Sementara roda 4 berspesifikasi kecil hingga sedang, melintasi jalan lingkar timur dan jalan Desa Bungin.

Sedangkan roda 6 ke atas melewati jalan nasional. Kendaraai dari arah Tabalong, diarahkan melewati Hulu Sungai Utara (HSU). Sedangkan dari arah Banjarmasin, diarahkan melewati jalan provinsi dari Desa Mantimin menuju Kecamatan Lampihong.

Editor


Komentar
Banner
Banner