Kalsel

AKBP Andri Koko Prabowo Resmikan Kampung Tangguh Banua Desa Abumbun Jaya

apahabar.com, MARTAPURA – Kapolres Banjar, Kalimantan Selatan AKBP Andri Koko Prabowo didampingi para pejabat utama Polres…

Featured-Image
Kapolres Banjar, Kalimantan Selatan AKBP Andri Koko Prabowo mersmikan desa Abumbun Jaya sebagai Kampung Tangguh Banua.Foto-Istimewa

bakabar.com, MARTAPURA – Kapolres Banjar, Kalimantan Selatan AKBP Andri Koko Prabowo didampingi para pejabat utama Polres Banjar Polda Kalsel meresmikan desa Abumbun Jaya, Kecamatan Sungai Tabuk sebagai Kampung Tangguh Banua ke-14 di Martapura.

“Pendirian Kampung Tangguh merupakan inisiatif masyarakat setempat,” kata AKBP Andri Koko Prabowo disela-sela peresmian Desa Desa Abumbun Jaya jadi Kampung Tangguh Banua, Kamis (15/7).

Dikatakan Kampung Tangguh, lantaran desa Abumbun Jaya telah menerapkan Protokol Kesehatan bagi seluruh warganya serta warga luar desa yang hendak masuk Desa Abumbun Jaya.

“Artinya, seluruh warga Desa Abumbun Jaya siap menjalankan Protokol Kesehatan, seperti membiasakan mengenakan masker, cuci tangan pakai sabun, dan tak berkerumun,” tuturnya.

“Setiap mobil, kendaraan dan pejalan kaki yang akan masuk desa Abumbun Jaya akan menjalani pemeriksaan kesehatan hingga memberi masker gratis apabila ada yang tidak mengenakannya,” tuturnya.

Kapolres menjelaskan, kunci utama dibentuknya Kampung Tangguh ini agar seluruh elemen masyarakat bisa ikut berpastisipasi mendukung upaya percepatan pencegahan penyebaran Covid-19.

Kata dia, saat ini di Kabupaten Banjar sudah terdapat 76 kampung tangguh yang sudah diresmikan. Rinciannya 74 binaan Bhabinkamtibmas dan 2 binaan Polmas.

“Kecamatan dan desa yang lain mudah-mudahan juga membentuk kampung tangguh,” harapnya.

Lebih lanjut Kapolsek Sungai Tabuk, Ipda Siswandi, berharap terbentuknya kampung tangguh ini dapat menumbuhkan kesadaran masyarakat dari tingkat RT, RW hingga lapisan atas. Agar semakin patuh terjadi anjuran pemerintah dalam rangka melakukan upaya percepatan pencegahan Covid-19.

“Mari kita saling bahu membahu dan gotong royong untuk mencegah penyebaran wabah Covid-19 ini,” ajak Ipda Siswandi.

Menurut Kapolsek, Di desa tersebut telah dibangun 3 buah pos, pusatnya di Kantor Desa Abumbun Jaya dan dua lainnya di jalan poros desa. Pos-pos itu dibangun pada 4 April 2020 lalu dan diresmikan oleh Camat Sungai Tabuk.

“Saya senang bahwa kegiatan ini merupakan yang pertama dan diharapkan menjadi roll model bagi desa-desa lain di Kabupaten Banjar,” imbuhnya

Pihaknya pun mendukung penuh inisiatif dari pemerintahan desa setempat yang mengadakan kegiatan pencegahan Covid-19 seperti ini.

Editor: Muhammad Bulkini



Komentar
Banner
Banner