Bisnis

Agar Rumah Aman Saat Mudik Lebaran, Simak Langkah Ini

Mudik juga sering kali memberi rasa was-was karena harus meninggalkan rumah untuk waktu yang lama.

Featured-Image
MENINGGALKAN rumah untuk mudik.(foto: qoala.app)

bakabar.com, BANJARMASIN – Lebaran sebentar lagi. Sebagian masyarakat kini mulai menjalankan aktivitas mudik. Momen mudik memang jadi hal yang banyak ditunggu-tunggu. Namun, mudik juga sering kali memberi rasa was-was karena harus meninggalkan rumah untuk waktu yang lama.

Biar mudik jadi aman dan nyaman, Anda bisa melakukan tips yang dilansir dari berbagai sumber berikut sebelum berangkat. Dengan begitu, Anda tak perlu merasa was-was selama berada di kampung halaman.

1. Tutup Rapat Pintu dan Jendela

Menutup rapat dan mengunci pintu dan jendela rumah menjadi hal wajib yang perlu dilakukan sebelum mudik. Hal ini penting untuk menjaga rumah agar tetap aman selama ditinggal mudik. Agar lebih aman, Anda juga bisa menambahkan gembok dan membawa kunci rumah saat mudik. Hindari menyimpan kunci di tempat-tempat yang mudah diketahui, seperti di bawah keset, pot bunga, maupun rak sepatu.

2. Cabut Barang Elektronik dari Colokan

Sebelum berangkat mudik, pastikan Anda mencabut peralatan-elektronik yang tidak digunakan dari colokan listrik agar aman dari kemungkinan korsleting. Cek kembali semua barang elektronik mulai dari televisi, lemari es, mesin cuci, dispenser, dan lainnya. Pastikan juga barang-barang elektronik tersebut sudah tidak menyala.

Jika ingin menyalakan lampu, Anda bisa menyalakan penerangan seperlunya, seperti teras, bagian tengah dan sisi belakang rumah agar tetap terpantau situasinya. Jangan lupa juga untuk mengisi token atau membayar tagihan listrik terlebih dahulu sebelum bepergian untuk menghindari listrik padam.

3. Nyalakan CCTV

Agar rumah semakin aman saat ditinggal mudik lebaran, Anda bisa memasang kamera pengawas atau CCTV di luar rumah. Sebaiknya, CCTV sudah terhubung ke aplikasi pada smartphone sehingga memungkinkan Anda untuk melihat kondisi rumah meskipun sedang bepergian. Pastikan juga posisi penempatan CCTV juga harus tepat agar Anda bisa melihat semua titik masuk ke dalam rumah.

4. Lepas Regulator Gas

Tak kalah penting saat pergi mudik adalah memastikan regulator tabung gas di rumah sudah terlepas. Selain itu, pastikan tabung gas dalam keadaan aman agar mencegah terjadinya kebocoran gas. Hal ini penting dilakukan untuk menghindari terjadinya kebakaran akibat kebocoran tabung gas.

5. Tidak Meninggalkan Barang Berharga

Terakhir, hindari meninggalkan barang berharga di dalam rumah seperti, emas, uang tunai, sertifikat rumah, dan lainnya. Anda bisa menaruhnya di safety box atau menitipkannya ke keluarga terdekat.

Agar lebih aman, Anda bisa menitipkannya ke lembaga terpercaya, seperti bank, Pegadaian, atau kantor kepolisian. Buat Anda yang punya barang berharga seperti emas, kini tak perlu lagi khawatir. Pasalnya, Anda bisa memanfaatkan Jasa Titip Emas di Pegadaian.

Di Pegadaian, emas yang dititipkan dijamin keamanannya karena disimpan dan diasuransikan. Selain itu, jangka waktu penitipannya juga bervariasi. Biaya titipnya pun terjangkau mulai dari Rp 100.000 untuk jangka waktu 6 bulan. Dengan begitu, Anda tak perlu cemas memikirkan keamanan barang berharga selama mudik.

6. Lapor ke RT, RW, atau Satpam

Selanjutnya, agar rumah tetap aman selama kamu tinggalkan mudik ke kampung halaman sebaiknya laporkan keberangkatanmu ke RT, RW, atau satpam. Beritahukan kapan kamu akan berangkat dan perkiraan kapan kamu akan kembali ke rumah. Hal ini berguna agar mereka mengetahui kondisi kamu dan bisa segera melaporkan ke kamu jika ada hal-hal mencurigakan terjadi saat kamu mudik.

7. Titipkan Rumah Pada Orang yang Dipercaya

Jika kamu pergi mudik dalam waktu cukup lama, sebaiknya titipkan rumah kepada orang yang dipercaya. Minta orang tersebut untuk mengecek kondisi rumahmu secara berkala dan langsung melaporkan jika ada hal-hal yang mencurigakan, sehingga kamu bisa merasa lebih tenang saat meninggalkan rumah ke kampung halaman.

Jadi, itu adalah tips meninggalkan rumah saat mudik perlu kamu perhatikan. Cara-cara ini tidak hanya bisa kamu aplikasikan saat kamu pergi mudik, lho. Tetapi bisa juga kamu gunakan saat kamu meninggalkan rumah untuk liburan.

Namun, selain menjaga keamanan rumah dan kendaraan dengan beberapa cara tadi, penting juga bagi kamu untuk memiliki asuransi kendaraan bermotor sebagai proteksi tambahan saat kamu bepergian. Saat ini sudah tersedia berbagai pilihan asuransi kendaraan dengan manfaat serta premi yang bisa disesuaikan dengan budget. Yuk, kunjungi Qoala App untuk menemukan berbagai pilihan produk asuransi yang tepat. Jangan lupa juga kunjungi Qoala Blog untuk mendapatkan berbagai literasi tentang asuransi dan tips gaya hidup lainnya, ya!(detikcom, qoala.app)

Editor
Komentar
Banner
Banner