Inflasi Daerah

8 Provinsi Alami Pertumbuhan Ekonomi di Atas Tingkat Inflasi

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat ada delapan provinsi yang mengalami pertumbuhan ekonomi di atas tingkat inflasi.

Featured-Image
Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Margo Yuwono saat memberikan pemaparan di Jakarta, Rabu (1/2). Foto: ANTARA

bakabar.com, JAKARTA - Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat ada delapan provinsi yang mengalami pertumbuhan ekonomi di atas tingkat inflasi. Yang tertinggi adalah Maluku dengan pertumbuhan ekonomi 22,9 % dengan tingkat inflasi 4,27%.

“Contoh bagus Maluku. Pertumbuhan ekonominya bagus 22,94%, inflasinya hanya 4,27,” ujar Kepala BPS Margo Yuwono saat Rakor Pengendalian Inflasi Daerah yang digelar secara daring di Jakarta, Rabu (8/2).

Daerah lainnya Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Tengah, DKI Jakarta, dan Nusa Tenggara Barat.

Margo memaparkan Provinsi Provinsi Kalimantan Utara mengalami pertumbuhan ekonomi sebesar 5,34% dengan tingkat inflasi yang rendah yakni 4,47%. Sedangkan ekonomi Sulawesi Tengah tumbuh melesat 15,17% dengan tingkat inflasi rendah hanya 5,96%.

"Lalu DKI Jakarta dengan pertumbuhan ekonomi 5,25% dengan tingkat inflasi 4,21%," katanya.

Selanjutnya Kalimantan Tengah mencatatkan pertumbuhan ekonomi 6,45% dengan inflasi 6,32%. Kemudian Sulawesi Utara dengan pertumbuhan ekonomi mencapai 5,42% dan inflasi 4,27%.

Terakhir Nusa Tenggara Barat pertumbuhan ekonominya 6,95%, sedangkan tingkat inflasi 6,23%. Disusul Papua dengan pertumbuhan ekonomi 8,97% dan tingkat inflasi rendah yaitu 5,68%.

Margo menjelaskan, secara agregat pertumbuhan pendapatan yang tercermin melalui pertumbuhan ekonomi mengalami peningkatan 8,97%. Angka ini jauh lebih tinggi dibandingkan inflasinya.

“Daerah lainnya perlu mendapat catatan karena agregat pertumbuhan ekonominya bergerak lebih rendah dibanding inflasi,” tandasnya.

Editor


Komentar
Banner
Banner