Sport

8 Pebulutangkis Indonesia Peraih Medali Emas Sepanjang Sejarah Olimpiade

apahabar.com, BANJARMASIN – Kontingen Indonesia sudah mencatatkan 8 emas di sepanjang sejarah keikutsertaan di Olimpiade. Terbaru,…

Featured-Image
Greysia Polii/Apriyani Rahayu menjadi harapan terakhir bulutangkis Indonesia mempertahankan tradisi emas di Olimpiade. Foto: NOC

bakabar.com, BANJARMASIN – Kontingen Indonesia sudah mencatatkan 8 emas di sepanjang sejarah keikutsertaan di Olimpiade.

Terbaru, Greysia/Apriyani meraih emas di cabang olahraga bulutangkis Olimpiade Tokyo 2020 nomor ganda putri.

Di babak final, ganda asuhan Eng Hian itu mengalahkan pasangan China, Chen Qingchen/Jia Yifan.

Dalam pertandingan di Musashino Forest Plaza, Senin (2/8), Greysia/Apriyani menang 21-19 dan 21-15.

Mereka menjadi satu-satunya peraih emas untuk Indonesia di Olimpiade Tokyo 2020. Greysia/Apriyani mengikuti jejak 7 atlet lainnya.

Dikutip bakabar.com dari detikSport, emas pertama Indonesia di Olimpiade diraih dari cabor bulutangkis nomor tunggal putri dan putra.

Susy Susanti dan Alan Budikusuma peraih emas di Olimpiade Barcelona 1992. Itu merupakan pertama kali bulutangkis dipertandingkan di Olimpiade.

Setelah itu, seakan menjadi tradisi bulutangkis menjadi penyumbang emas untuk Indonesia di Olimpiade. Dalam tiga edisi setelahnya, selalu ada atlet Indonesia meraih prestasi tertinggi.

Rexy Mainaky/Ricky Subagja yang menjadi penyumbang emas di Atlanta 1996 dari nomor ganda putra. Empat tahun berselang ada emas lagi dari ganda putra bulutangkis via Tony Gunawan/Chandra Wijaya dan.

Taufik Hidayat menjadi peraih emas d Olimpiade Athena 2004 lewat tunggal putra. Ganda putra menjadi penyumbang emas untuk Indonesia di Olimpiade Beijing 2008. Markis Kido/Hendra Setiawan yang meraih podium pertama ganda putra.

Empat tahun berselang, emas Indonesia dari bulutangkis macet. Di Olimpiade London, Indonesia gagal meraih medali emas. Bahkan, Greysia mendapatkan kartu hitam alias didiskualifikasi bersama rekannya, Meiliana Jauhari. Keduanya dinilai sengaja mengalah untuk menghindari lawan.

Emas Indonesia dari cabor bulutangkis hadir lagi pada ajang Olimpiade Rio de Janeiro pada 2016. Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir peraihnya.

Owi/Liliyana mengalahkan Chan Peng Soon/Goh Liu Ying untuk menjadi yang terbaik di laga lima tahun lalu.

Selain nama-nama di atas, Indonesia sebenarnya mendapat 2 emas lagi di bulutangkis Olimpiade. Rudy Hartono dan Ade Chandra/Christian Hadinata meraihnya pada Olimpiade Munich 1972. Tapi, saat itu bulutangkis masih sebatas demonstration sport.

Daftar Pebulutangkis Indonesia Peraih Emas Olimpiade

1. Susy Susanti – Tunggal Putri Bulutangkis – Olimpiade Barcelona 1992

2. Alan Budikusuma – Tunggal Putra Bulutangkis – Olimpiade Barcelona 1992

3. Rexy Mainaky/Ricky Subagja – Ganda Putra Bulutangkis- Olimpiade Atlanta 1996

4. Tony Gunawan/Candra Wijaya – Ganda Putra Bulutangkis – Olimpiade Sydney 2000

5. Taufik Hidayat – Tunggal Putra Bulutangkis – Olimpiade Athena 2004

6. Markis Kido/Hendra Setiawan – Ganda Putra Bulutangkis – Olimpiade Beijing 2008

7. Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir – Ganda Campuran Bulutangkis – Olimpiade Rio de Janeiro 2016

8. Greysia Polii/Apriyani Rahayu – Ganda Putri Bulutangkis – Olimpiade Tokyo 2020



Komentar
Banner
Banner