Habar Ramadan

6 Keutamaan Membaca dan Khatamkan Alquran, Yuk Simak!

Mengkhatamkan Alquran adalah satu amalan yang memiliki banyak keutamaan, terlebih jika dikerjakan pada Ramadan.

Featured-Image
Ilustrasi. foto-net

bakabar.com, BANJARMASIN - Mengkhatamkan Alquran adalah satu amalan yang memiliki banyak keutamaan, terlebih jika dikerjakan pada Ramadan.

Sebagai bulan yang penuh berkah, umat Islam bisa memperbanyak ibadah sunnah agar mendapat pahala yang berlipat ganda.

Umumnya, saat Ramadan tiba para kaum muslimin banyak membaca Alquran dan membuat target untuk khatam di bulan tersebut.

Apalagi, Ramadan merupakan bulan diturunkannya Alquran, sehingga mengkhatamkan Quran di bulan suci ini menjadi momentum yang tepat.

Baca Juga: 4 Tradisi Unik Peringatan Nuzulul Quran di Indonesia, Apa Saja?

Menukil dari buku Bekal Ramadhan dan Idhul Fitri 2 tulisan Saiyid Mahadhir Lc MA, pada bulan Ramadan aktivitas tadarus Alquran banyak dilakukan oleh kaum muslimin, baik itu secara berkelompok atau individu. Mereka yang rutin membaca Alquran tersebut memiliki target harus khatam atau tamat.

Dalam kaitannya, tidak ada kewajiban mengkhatamkan Alquran saat Ramadan, namun ibadah sunnah tersebut sangat baik untuk dilakukan. Bahkan, dalam sejumlah riwayat disebutkan keutamaan mengkhatamkan Alquran.

Keutamaan Membaca dan Khatamkan Alquran

Merujuk pada sumber yang sama, berikut merupakan keutamaan membaca dan mengkhatamkan Alquran:

1. Didoakan Malaikat

Salah satu keutamaan mengkhatamkan Alquran ialah didoakan oleh para malaikat, ini sesuai dengan hadis yang diriwayatkan oleh Ad-Darimi, berikut bunyinya:

Dari Abdah berkata: "Jika seseorang mengkhatamkan Alquran pada siang hari, maka malaikat akan mendoakannya hingga sore hari, dan jika dia menyelesaikannya ketika malam, maka malaikat akan mendoakannya hingga Subuh," (HR Ad-Darimi).

2. Doanya Mustajab

Keutamaan lainnya dalam mengkhatamkan Alquran niscaya doanya akan mustajab. Berikut hadisnya sebagaimana dinukil dari Kitab Fadhail Alquran tulisan Al-Qasim Ibn As-Ssalam dan Ibn Ad-Dharris,

Abdullah bin Masud berkata: "Siapa yang mengkhatamkan Alquran maka doanya mustajab,"

Imam At-Thabrani dalam al-Mu'jam al-Kabir meriwayatkan bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda:

"Barang siapa yang selesai melaksanakan salat fardhu, maka baginya doa yang mustajab, dan barang siapa yang selesai membaca Alquran maka baginya juga doa yang mustajab," (HR At-Thabrani).

3. Mendapat Rahmat

Mujahid, Abdah bin Abi Lubabah dan sebagian yang lainnya mengatakan bahwa Rasulullah SAW pernah bersabda,

"Jika khataman Alquran turunlah rahmat ketika itu, atau rahmat akan hadir ketika ada khataman Alquran,"

4. Diangkat Derajatnya oleh Allah SWT

Mengutip dari Buku Pintar Alquran oleh Abu Nizhan, keutamaan membaca dan mengkhatamkan Alquran selanjutnya ialah diangkat derajatnya oleh Allah SWT. Umar bin Khattab RA berkata bahwa Rasulullah SAW pernah bersabda,

"Sesungguhnya Allah SWT akan mengangkat derajat suatu kaum dengan kitab ini (Alquran), dengannya pula Allah akan merendahkan kaum yang lain," (HR Muslim).

5. Amalan yang Paling Dicintai Allah

Khatam Alquran adalah amalan yang paling dicintai Allah SWT. Ibnu Abbas RA berkata bahwa ada seseorang yang bertanya kepada Nabi Muhammad,

"Wahai Rasulullah, amalan apakah yang paling dicintai Allah?" Beliau menjawab, "Al-hal wal murtahal," Orang ini bertanya lagi, "Apa itu al-hal wal murtahal, wahai Rasulullah?", Beliau menjawab, "Yaitu yang membaca Alquran dari awal hingga akhir. Setiap kali selesai, ia mengulanginya lagi dari awal," (HR Tirmidzi).

6. Sebagai Syafaat pada Hari Kiamat

Dari Abu Umamah RA, Rasulullah SAW bersabda:

"Bacalah Alquran sebab Alquranakan datang pada hari kiamat sebagai sesuatu yang dapat memberikan syafaat (pertolongan) kepada orang-orang yang mempunyainya," (HR Muslim).

Lantas bagaimana doa Khatam Alquran?

HALAMAN
12
Editor


Komentar
Banner
Banner