motivasi hidup

5 Pilar Meraih Keseimbangan Hidup, Menemukan Variasi Cinta Patut Dicoba!

Menjalani hidup dalam keseimbangan adalah sebaik-baiknya keadaan. Tak heran jika beragam upaya dilakukan demi mencapainya.

Featured-Image
Ilustrasi konsep keseimbangan dalam hidup. Foto: SehatQ.

bakabar.com, JAKARTA - Menjalani hidup dalam keseimbangan adalah sebaik-baiknya keadaan. Tak heran jika beragam upaya dilakukan demi mencapainya. Sebab dengan seimbang artinya menjadi pribadi dengan porsi tujuan serta peranan yang tepat.

Untuk itu, dalam mengupayakan keseimbangan tersebut, diperluka pondasi yang kuat. Hal ini bisa didapatkan lewat tertanamnya pilar kehidupan secara komprehensif.

Berikut sejumlah pilar kehidupan yang membantu Anda mencapai keseimbangan dalam hidup yang dikutip dari Lifehack, apa sajakah itu?

1. Niat dan Tujuan yang Jelas

Dengan memiliki tujuan dan niat yang jelas, maka akan lebih mudah fokus untuk mencapainya.

Dengan demikian, Anda dapat mengeliminasi hal-hal yang sekiranya dianggap bukan bagian dari tujuan yang ingin dicapai. Oleh karena itu, mulai dari sekarang, cobalah untuk mendefinisikan niat dan tujuan yang jelas.

2. Menentukan Tujuan Karir

Bila saat ini Anda tengah berjibaku di suatu perusahaan ataupun membangun usaha sendiri, tidak ada salahnya untuk menganalisis kembali tujuan karir yang diinginkan.

Ini dapat menjadi ajang evaluasi, apakah karir yang saat ini dijalani benar-benar sesuai dengan tujuan atau tidak. Jika tidak, mungkin dapat dipertimbangkan untuk mengambil langkah selanjutnya.

Misalnya beralih ke bidang lain dan memperdalam keahliannya. Apabila tujuan karir sudah diketahui, maka ini dapat membantu mengejar aspirasi sehingga lebih seimbang dalam hidup.

3. Temukan Antusiasme

Dorongan ataupun motivasi membuat Anda mampu menyelesaikan tugas dengan lebih optimal. Dengan demikian, menemukan antusiasme dalam hidup juga tidak kalah penting, bukan?

Salah satu caranya adalah dengan mengidentifikasi hal-hal yang disenangi dalam hidup. Namun tetap perlu dicermati seberapa besar nilai atau value yang bisa didapatkan apabila menggeluti hal tersebut.

4. Kuasai Literasi Finansial

Kendati uang bukan segalanya, namun perlu diingat bahwa uang adalah pilar penting dalam kehidupan. Termasuk ketika Anda memiliki keinginan memiliki rumah sendiri, mobil pertama, tabungan pensiun, perjalanan liburan dan lainnya.

Oleh karenanya, kemampuan literasi keuangan dapat membuat hidup menjadi lebih terarah. Tetapkan tujuan yang realistis tentang bagaimana uang bisa didapatkan dan digunakan dengan bijaksana.

5. Menemukan Variasi Cinta

Maksud dari menemuka variasi cinta adalah harus paham tentang orang-orang yang disayangi. Contoh sederhananya adalah teman dan keluarga. Di antara kedua pihak ini, Anda perlu memahami cara menempatkan cinta dengan tepat.

Keluarga tentulah memiliki arti sangat penting dalam hidup. Tidak heran jika “unconditional love” kerap disematkan kepada keluarga. Sedangkan untuk teman ataupun sahabat, Anda perlu mendefinisikan mereka.

Sejauh mana variasi cinta yang harus diberikan dan hal-hal apa saja yang selayaknya diberikan. Dengan begini, Anda akan lebih paham tentang arti siapa saja yang harus diprioritaskan dalam hidup.

Itulah sejumlah pilar yang bisa Anda terapkan jika ingin mendapatkan keseimbangan dalam hidup. Semoga informasi ini bermanfaat!

Editor


Komentar
Banner
Banner