Ramadan 2023

5 Negara dengan Durasi Puasa Terlama di Dunia

Umat Muslim di Indonesia berpuasa di bulan Ramadan selama kurang lebih 14 jam. Rupanya, durasi menahan lapar dan dahaga ini tidak seragam dengan negara lain

Featured-Image
Ilustrasi keluarga berbuka puasa bersama. Foto-Net

bakabar.com, JAKARTA - Umat Muslim di Indonesia berpuasa di bulan Ramadan selama kurang lebih 14 jam. Rupanya, durasi menahan lapar dan dahaga ini tidak seragam dengan negara lain.

Di pelbagai belahan dunia, durasi berpuasa selama Ramadan sangat beragam. Ini tergantung pada letak geografis negara tersebut, yang kemudian memengaruhi panjang siang dan malam akibat kemiringan posisi bumi juga matahari.

Negara yang terletak dekat ekuator, misalnya, punya durasi berpuasa yang cenderung pendek. Sedangkan negara yang lokasinya semakin jauh dari ekuator, khususnya di garis lintang utara dan selatan, puasanya jadi lebih panjang.

Lantas, negara mana sajakah yang punya durasi puasa terlama selama Ramadan? Merangkum berbagai sumber, berikut ulasannya:

Greenland

Greenland menduduki peringkat pertama sebagai negara dengan durasi puasa terlama. Pada hari pertama, puasa berlangsung selama 19 jam 35 menit. Sedangkan, di hari terakhir, ibadah tahunan ini berjalan selama 21 jam 42 menit.

Durasi puasa yang hampir seharian penuh tersebut dikarenakan matahari nyaris tak pernah terbenam. Sebab itulah, para ulama menyarankan umat Muslim di Greenland mengikuti jam berpuasa di Makkah, Arab Saudi.

Begitu pun dengan Alaska, negara yang juga nyaris disinari matahari sepanjang hari. Para ulama sejak lama menyepakati hal ini lantaran Arab Saudi adalah rumah bagi Kabah, yang menjadi kiblat umat Islam di seluruh dunia.

Norwegia

Hari pertama puasa di Norwegia berlangsung selama 17 jam 40 menit, sedangkan pada hari terakhir puasa ialah 19 jam 23 menit. Lamanya durasi menahan lapar dan dahaga ini karena matahari terbenam sangat lama.

Rusia

Rusia sejatinya sangat luas, sehingga waktu berpuasa di setiap daerahnya pun beragam. Misalnya saja, umat Muslim di Kota Moskow berpuasa hingga 19 jam, sementara di Kota Murmansk bisa mencapai 21 jam.

Inggris

Umat Muslim di Inggris menjalankan puasa selama 18 hingga 19 jam sehari. Mereka mulai berpuasa sejak pukul 02.30 hingga berbuka pada pukul 21.30 waktu setempat.

Jerman

Durasi puasa di Jerman tidak jauh berbeda dengan di Inggris. Umat Islam di negara tersebut berpuasa selama 18 - 19 jam sehari. Mereka biasanya mulai berpuasa pukul 03.00, sampai berbuka pada pukul 22.00 waktu setempat.

Itulah sedikitnya lima negara dengan durasi puasa terpanjang di dunia. Kalau Anda tinggal di salah satu negara tersebut, sanggupkah menahan lapar dan dahaga sebulan penuh?

Editor


Komentar
Banner
Banner