Regional

5 Desa di Cianjur Tergenang Banjir, Ketinggian Air Mencapai 1 Meter

Sebanyak lima desa di Kecamatan Sukanagara, Kabupaten Cianjur, dilaporkan banjir dengan ketinggian mencapai 80 cm sampai 1 meter, Minggu (26/3). Akibat dari ban

Featured-Image
Ilustrasi Banjir. Foto-net

bakabar.com, JAKARTA - Sebanyak lima desa di Kecamatan Sukanagara, Kabupaten Cianjur, dilaporkan banjir dengan ketinggian mencapai 80 cm sampai 1 meter, Minggu (26/3). Akibat dari banjir tersebut sebanyak 100 kepala keluarga diungsikan.

Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Cianjur Rudi Wibowo menerangkan banjir di kelima desa tersebut disebabkan hujan deras yang terjadi dalam beberapa hari terakhir.

Kondisi tersebut membuat Sungai Cibala meluap dan berimbas kepada rumah warga di sekitar bantaran sungai. Setidaknya sebanyak 100 rumah warga dilaporkan terendam banjir.

Baca Juga: Diduga Drainase Tak Berfungsi, Genangan Air di Pusat Kota Cianjur Bikin Puluhan Mobil Mogok

"Untuk sementara tidak ada korban jiwa," katanya seperti melansir Antara, Minggu (26/3).

Mengetahui hal itu, pihaknya telah mengirimkan anggota untuk menyiagakan ratusan Relawan Tangguh Bencana (Retana) untuk membantu evakuasi warga.

Banjir di kelima desa tersebut juga berdampak pada ribuan ekor ayam di sebuah peternakan warga hilang. Tak hanya itu, jalan penghubung antarkecamatan juga terputus akibat genangan banjir.

Baca Juga: Hujan Deras di Kawasan Tambang Andesit, Wadas Terancam Banjir

"Kami masih melakukan pendataan angka pasti rumah terendam banjir dan dampak banjir di Sukanagara, petugas sudah dikirim ke lokasi membawa bantuan logistik dan pompa penyedot air. Harapan kami air segera surut dan warga dapat kembali ke rumah," katanya.

Editor


Komentar
Banner
Banner