Rekomendasi Film

4 Film Bertema Lari, Penuh Spirit dan Inspiratif

Tanggal 6 Juni menjadi perayaan untuk memperingati hari lari sedunia atau National Running Day dengan tujuan untuk hidup sehat melalui olahraga.

Featured-Image
Poster 4 Minutes Miles. Foto: Amazon

bakabar.com, JAKARTA – Tanggal 6 Juni menjadi perayaan untuk memperingati Hari Lari Sedunia atau National Running Day dengan tujuan mendorong pesan agar hidup sehat melalui olahraga.

Pesan tersebut banyak dipromosikan melalui berbagai media, termasuk di dalamnya adalah film. Tidak hanya mempromosikan cara hidup sehat, film tersbut juga dimaksudkan untuk menaruh berbagai inspirasi dan pesan.

Mulai dari pesan untuk pantang menyerah hingga dorongan untuk bisa menghargai kehidupan yang dimiliki. Berikut film inspiratif yang wajib disaksikan dalam rangka memperingati Hari Lari Sedunia.

Baca Juga: Lintasan Sejarah Hari Lari Sedunia, Olahraga yang Memanjangkan Usia

Pacemaker (2012)

Poster Pacemaker. Foto: Amazon
Poster Pacemaker. Foto: Amazon

Rekomendasi pertama diawali dari Negeri Gingseng dengan film yang berjudul Pacemaker. Bercerita tentang perjuangan atlet lari marathon bernama Joo Man-ho (Kim Myung-Min).

Suatu hari seorang pelatih maraton bernama Park Sung-il (Ahn Sung-ki) melihat kemampuan Man-ho dan ingin ia ikut berkompetisi mewakili Korea Selatan dalam Olimpiade 2012.

Man-ho kemudian menerima tawaran tersebut dan menjadi pacemaker dalam kompetisi tersebut. Pacemaker adalah pelari yang memimpin tim maraton pada bagian lari tahap pertama.

Tapi, di tengah kompetisi ia mengalami cedera kaki yang sangat parah. Man-ho pun harus berjuang dalam marathon itu untuk bisa memenangkan pertandingan.

Baca Juga: Lintasan Sejarah Hari Lari Sedunia, Olahraga yang Memanjangkan Usia

4 Minutes Miles (2014)

Poster 4 Minutes Miles. Foto: Amazon
Poster 4 Minutes Miles. Foto: Amazon

4 Minutes Miles bercerita tentang mantan pelari nasional bernama Coleman (Richard Jenkins) yang harus menjadi pelatih lari pada sebuah sekolah di Amerika Serikat.

Ia kemudian bertemu dengan Drew Jacobs (Kelly Blatz) pemuda yang memiliki bakat lari namun memilih jalur kehidupan yang suram.

Tapi, Drew menyia-nyiakan bakat larinya untuk tenggelam kehidupan yang kacau. Ia menjadi pecandu obat-obatan terlarang sebagai pelarian karena hidup dalam keluarga yang berantakan.

Melihat kekacauan hidup Drew tersebut, Coleman setuju menjadi mentor Drew dan bekerja keras untuk mambawa Drew untuk kembali pada kehidupan yang seharusnya.

Baca Juga: ASN Terima Gaji ke-13, Berikut Tips Mengelolanya agar Lebih Produktif

Unbroken (2014)

Poster film Unbroken. Foto: Universal Pictures
Poster film Unbroken. Foto: Universal Pictures

Menjadi film pertama yang disutradari oleh Angelina Jolie, Unbroken merupakan Film yang diadaptasi berdasarkan pada buku nonfiksi tahun 2010 karya Laura Hillenbrand.

Unbroken bercerita tentang atlet juara Olimpiade Amerika Serikat brnama Louis Zamperini (Jack O'Connell) yang bergabung menjadi perwira angkatan udara saat perang dunia kedua tahun 1941.

Suatu hari ia tertembak oleh pasukan Jepang dan terdampar di tengah lautan selama 47 haru dengan sebuah rakit. Ia kemudian tertangkap dan disiksa oleh tentara Jepang.

Di tengah siksaan yang begitu berat ia terima, Zamperini memutuskan untuk berjuang bertahan hidup, hingga suatu saat seseorang dating untuk menyelamatkannya dari kamp konsentrasi Jepang.

Baca Juga: Viral Unggahan di Medsos Mengaku ADHD, Sebenarnya Apa Itu?

Stronger (2017)

Poster film Stronger. Foto: The Guardian
Poster film Stronger. Foto: The Guardian

Disutradari oleh David Gordon Green, Stronger merupakan film yang diadaptasi dari kisah nyata tragedy pengeboman kontes lari marathon di Boston, Amerika Serikat pada 2013.

Salah satu peserta lari bernama Jeff Bauman (Jake Gyllenhaal) menjadi korban dari ledakan bom Boston. Akibat dari ledakan itu, Bauman kehilangan kedua kakinya dan harus merelakan karir sebagai atlet lari marathon.

Hidup Bauman hancur dan ia hampir kehilangan motivasi untuk hidup. Erin Hurley (Tatiana Maslany), mantan pacarnya bekerja keras untuk memastikan Bauman tetap memperjuangkan hidupnya.

Editor


Komentar
Banner
Banner