LIFESTYLE

4 Alasan Mengapa Indomaret dan Alfamart Selalu Berdekatan

Indomaret dan Alfamart menjual berbagai kebutuhan sehari hari yang sama, namun mengapa selalu berdekatan padahal produk yang dijual sama?

Featured-Image
Alasan Indomaret dan Alfamart selalu Berdekatan (Foto: dok. SuaraCom)

bakabar.com, JAKARTA - Pernahkah Anda memperhatikan lokasi Indomaret dan Alfamart selalu berdekatan? Jika melihat Indomaret, beberapa meter bahkan di sebelah mini market tersebut ada Alfamart.

Selain itu, dua mini market itu biasanya muncul di wilayah yang penduduknya ramai.

Indomaret dan Alfamart menyediakan kebutuhan sehari-hari mulai dari sabun, detergen, bahan-bahan makanan, berbagai macam snack dan minuman serta menyediakan jasa untuk membeli token listrik dan pulsa.

Dua mini market tersebut menjual berbagai kebutuhan sehari hari yang sama, namun mengapa selalu berdekatan padahal produk yang dijual sama?

Sebagian masyarakat mungkin akan menganggap hal tersebut akan merugikan salah satu bisnis. Namun ternyata ada berbagai alasan di balik lokasi Indomaret dan Alfamart yang selalu berdekatan itu, berikut ulasannya:

1. Menarik pasar lebih luas

Strategi marketing menjadi alasan mengapa hal tersebut dilakukan agar bisa menjangkau pasar yang seluas luasnya. Kedua mini market tersebut tentu memiliki tujuan untuk mendapatkan pasar yang lebih luas dan menarik konsumen sebanyak-banyaknya.

Pemilihan lokasi tersebut diambil berdasarkan konsep teori lokal industry yaitu Hotelling Theory. Teori ini menjelaskan tentang dua persamaan jenis kegiatan ekonomi yang saling berdekatan dengan tujuan untuk menguasai pasar seluas-luasnya.

Teori ini juga memiliki fokus pada pemilihan lokasi dengan presentasi keuntungan 50:50 yang selanjutnya akan diserahkan kepada selera konsumen. 

2. Hemat budget riset

Alasan lain yang menyebabkan lokasi Indomaret dan Alfamart selalu berdekatan adalah menghemat budget untuk riset.

Sudah dipastikan, jika salah satu gerai dibangun di lokasi tertentu, maka dapat dipastikan pula potensi pasarnya sudah bagus dan lolos uji kelayakan bisnis.

Hal ini memang menjadi salah satu rumus membangun gerai baru di kalangan usaha retail minimarket. 

3. Memiliki perbedaan

Di mata konsumen, Indomaret dan Alfamart mungkin tampak memiliki banyak kesamaan karena menjual barang kebutuhan sehari- hari yang sama.

Akan tetapi, keduanya memiliki keunggulan masing-masing, seperti dari segi harga yang lebih murah, lebih banyak diadakan promo, kapasitas serta penataan toko yang lebih luas, dan pelayanan yang lebih ramah. 

4. Membangun kesan konsumen

Saat konsumen datang ke salah satu minimarket, maka para karyawan bertugas untuk membangun kesan positif kepada pelanggan seperti contoh sambutan yang ramah, melayani pelanggan dengan baik agar mereka mau datang kembali dan memilih minimarket tersebut sebagai tujuan belanja.

Itulah beberapa alasan mengapa lokasi Indomaret dan Alfamart selalu berdekatan. Semoga informasi ini menjawab rasa penasaran Anda.

Editor
Komentar
Banner
Banner