Hot Borneo

3 Napi Lapas Banjarbaru Terima Remisi Hari Raya Nyepi 2023

Berkelakuan baik, tiga warga binaan pemasyarakatan (WBP) Lapas Banjarbaru mendapatkan remisi khusus Hari Raya Nyepi.

Featured-Image
Penyerahan remisi Nyepi kepada tiga warga binaan Lapas Banjarbaru. Foto-humas lapas untuk apahabar.com

bakabar.com, BANJARBARU - Berkelakuan baik, tiga warga binaan pemasyarakatan (WBP) Lapas Banjarbaru mendapatkan remisi khusus Hari Raya Nyepi.

Kasi Binadik Lapas Kelas IIB Banjarbaru, Septyawan Kuspriyo mengatakan remisi khusus ini merupakan hak warga binaan yang diatur dalam Pasal 10 UU No 22 Tahun 2022 tentang Pemasyarakatan.

Pemberian remisi ini juga diatur lebih lanjut melalui Permenkumham No 7 Tahun 2022 tentang Perubahan Kedua atas Permenkumham No 3 Tahun 2018 tentang Syarat dan Tata Cara Pemberian Remisi, Asimilasi, Cuti Mengunjungi Keluarga.

"Serta pembebasan bersyarat, cuti menjelang bebas dan cuti bersyarat," kata Septa, Rabu (22/3).

Ketiga WBP yang dapat remisi ini dari kasus pembunuhan. Besaran remisinya selama sebulan.

"Mereka semua telah memenuhi syarat substantif dan administratif sesuai dengan regulasi yang berlaku,” terangnya.

Septa bilang pemberian remisi ini merupakan bentuk apresiasi negara terhadap narapidana yang telah menunjukkan perubahan perilaku dan mengikuti berbagai kegiatan pembinaan di Lapas.

Dijelaskannya semua warga binaan yang menerima remisi telah melewati penilaian pembinaan melalui Sistem Penilaian Pembinaan Narapidana (SPPN).

Di antaranya yakni berkelakuan baik dan rutin mengikuti program pembinaan khususnya pembinaan kerohanian secara terus-menerus.

Kalapas Kelas IIB Banjarbaru, Amico Balalembang menambahkan pemberian remisi khusus ini diharapkan menjadi pemicu semangat seluruh warga binaan agar senantiasa berkelakuan baik selama menjalani masa pidana.

"Semoga ini dapat meningkatkan motivasi narapidana untuk terus berusaha menjadi manusia yang lebih baik lagi, sebagai bekal diri hingga saatnya nanti kembali ke masyarakat," tandasnya.

Editor


Komentar
Banner
Banner