Sport

24 Tim Sepakbola U-14 Bersaing di Ajang Paman Birin Cup 2021

apahabar.com, BANJARMASIN – Sebanyak 24 tim sepakbola U-14 yang ada di Kalimantan Selatan bakal berjibaku di…

Featured-Image
24 tim sepakbola U-14 bakal berjibaku di ajang Paman Birin Cup 2021. Foto-istimewa

bakabar.com, BANJARMASIN – Sebanyak 24 tim sepakbola U-14 yang ada di Kalimantan Selatan bakal berjibaku di ajang Paman Birin Cup 2021.

Turnamen yang digagas Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kalsel dibuka mulai hari ini (9/10). Formatnya mengusung setengah kompetisi.

Kegiatan bakal dilaksanakan di dua tempat, yakni lapangan sepakbola Kayutangi, Banjarmasin Utara dan di SKB Mulawarman, Banjarmasin Tengah.

Selain jadi ajang unjuk gigi untuk pesepakbola muda, Panitia Pelaksana, Budiono berkata Paman Birin Cup 2021 juga sebagai momentum menjalin silaturahmi sejumlah Sekolah Sepakbola (SSB) dan wadah pembinaan sepakbola di Kalsel.

"Selain itu, kita juga ingin memberikan pengalaman bertanding kepada adik-adik usia muda untuk menambah jam terbang mereka. Karena jam terbang yang didapat tentunya mempengaruhi mental di lapangan," ucapnya.

Lebih lanjut, Budiono mengatakan festival sepakbola U-14 Paman Birin Cup 2021 ini juga sekaligus sebagai momentum evaluasi guna mengukur sejauh mana progres pembinaan masing-masing SSB.

"Kegiatan ini juga sekaligus sarana evaluasi SSB, terutama bagaimana pembinaan mereka yang sempat vakum lantaran pandemi," tandasnya.

Dihelat di masa pandemi, dia memastikan penyelenggaraan dengan menerapkan protokol kesehatan ketat, dan tanpa dihadiri penonton.

Sementara Kepala Dispora Kalsel Hermansyah mengakui bahwa SSB di provinsi ini sangat banyak, tetapi wadah pengembangan atau kompetisinya yang cukup kurang.

"Sehingga kompetisi ini bisa jadi wadah bagi para anak muda. Kita akan mencari bibit-bibit pesepakbola yang nanti bakal dipilih dan dikolaborasikan per usia, misal ada U-12 U-14, U-18 dan sebagainya," ucapnya.

Hermansyah memastikan kompetisi ini berkelanjutan. Selain pada usia di bawah 14 tahun, turnamen sepakbola semacam ini juga bakal digelar untuk kalangan yang lain.

"Termasuk untuk legenda sepakbola di Kalsel," ujarnya.

Untuk informasi, para pemain yang berpartisipasi di ajang ini hanya berusia 12-14 tahun. Seluruh tim akan saling berjibaku untuk memperebutkan total hadiah sebesar Rp 40 juta, trofi, piagam penghargaan, gelar pemain terbaik, dan top skorer.



Komentar
Banner
Banner