OTOMOTIF

23 Tahun Dominasi Medium Duty Truck, Hino Tunjuk Petinggi Baru

PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) akan menunjuk Takashi Muto sebagai Presiden Direktur yang baru menggantikan Masato Uchida.

Featured-Image
Hino 23 tahun mendominasi kategori medium duty truck dan kini mengganti petingginya. (Foto: apahabar.com/Aditama)

bakabar.com, JAKARTA - PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) telah menunjuk Takashi Muto sebagai Presiden Direktur baru yang menggantikan Masato Uchida.

Takashi Muto akan resmi menjadi nahkoda baru di Indonesia mulai 1 Februari nanti, menggantikan menggantikan Masato Uchida yang masa jabatannya akan berakhir di 31 Januari 2023.

"Saya akan berusaha untuk melanjutkan komitmen Hino Indonesia dalam memberikan produk dan layanan yang berkualitas kepada pelanggan kami. Berkontribusi positif kepada perkembangan industri otomotif di indonesia, khususnya dipasar kendaraan niaga," ujar Takashi Muto saat Media Gathering beberapa waktu lalu di Jakarta.

Baca Juga: 3 PO Bus Pengguna Hino Sukses Tempuh 1 Juta Km Tanpa Overhaul

Ditunjuk sebagai Presiden Direktur HMSI yang baru, Takashi Muto rupanya sudah memiliki pengalaman cukup panjang dalam perjalanan bisnis Hino di Kawasan Asia.

Sebelumnya ia pernah menjabat sebagai Deputy GM Asia & Oceania Department Hino Motors Limited (HML) Japan pada periode Februari 2016 sampai Januari 2018.

Setelah itu, dari Februari 2018 sampai Januari 2022, Muto mengemban tugas sebagai General Director Hino Motors Vietnam,Ltd.

Memasuki Februari 2022, Takashi Muto kembali ke Jepang sebagai General Manager Total Support Promotion Department, HML dan kini ditunjuk sebagai Presiden Direktur HMSI.

Baca Juga: Rayakan 40 Tahun Hino di Tanah Air dengan Customer Satisfaction Contest

Sementara untuk Masato Uchida, akan kembali ke Hino Motors Ltd, dan akan menepati posisi baru untuk menangani bisnis Hino di Jepang.

Sebagaimana diketahui, Masato Uchida telah memimpin HMSI dalam kurun waktu 3 tahun terakhir, dan berkontribusi melalui kepemimpinannya dalam melewati masa pandemi yang cukup berat dengan berhasil membawa HMSI tetap berdiri kokoh.

Pencapaian menakjubkan lainnya adalah dengan tetap membawa Hino menjadi market leader medium duty truck di Indonesia yang telah bertahan dalam 23 tahun terakhir ini.

"Sebuah kebanggaan yang luar biasa bagi saya, dapat bertugas di indonesia dan berkontribusi bagi bisnis pelanggan disini. Terima kasih banyak atas dukungan Anda yang luar biasa kepada saya selama 3 tahun ini," pungkas Masato Uchida.

Baca Juga: Hino Indonesia Kampanyekan Keselamatan Truk dan Bus demi Kurangi Bahaya Rem Blong

Penjualan Hino di Tahun 2022

Bedasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor (Gaikindo) selama periode Januari sampai Desember 2022, Hino tercatat berhasil menjual sebanyak total 29.880 unit.

Angka tersebut merupakan prestasi yang gemilang lantaran angka penjualan naik hingga 51% jika dibandingkan dengan hasil penjualan tahun 2021 yang mencatat sebanyak 19.793 unit.

Jawara Kategori Medium Duty Truck

Seperti yang sudah disebutkan, Hino berhasil menjadi market leader selama 23 tahun dengan memberikan sumbangsih penjualan sebanyak 16.411 unit.

Penjualan medium duty truck tersebut, naik 78% jika dibanding tahun sebelumnya yang membukukan 9.242 unit.

Baca Juga: Apik! PO Pandawa 87 Rilis Bus Terbaru, Pakai Sasis Hino

Meski begitu, untuk kategori truk ringan atau light duty truck, Hino masih belum bisa mengalahkan kompetitornya.

Akan tetapi penjualan Hino Dutro pada tahun 2022 juga mengalami peningkatan sebesar 26% dengan penjualan total sebanyak 13.122 unit.

Sebagai informasi, market share dari Hino Dutro sendiri mengalami peningkatan dari 18.9% menjadi 20.3%, salut deh buat Hino.

Editor


Komentar
Banner
Banner