Pemilu 2024

2.120 Personel Amankan Debat Capres di KPU

Polri terjunkan 2.120 personel untuk melakukan pengamanan Debat Perdana calon presiden (capres) di kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) hari ini.

Featured-Image
Polri terjunkan 2.120 personel untuk lakukan pengamanan Debat Perdana calon presiden (capres)

bakabar.com, JAKARTA - Polri terjunkan 2.120 personel untuk melakukan pengamanan Debat Perdana calon presiden (Capres) di kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) hari ini.

Hal itu diungkapkam oleh Kapolres Jakarta Pusat Kombes Susatyo di Kantor KPU, Jakarta Pusat.

"Polres Metro Jakarta Pusat dengan Polda Metro Jaya, Kodam Jaya, juga Pemprov DKI akan menggelar sebanyak 2.120 personel," kata Susatyo, Selasa (12/12).

Baca Juga: Jelang Debat Perdana Mahfud MD Tanpa Persiapan Khusus

Pengamanan digelar di Bundaran HI, ruas Jalan Imam Bonjol, hingga ke Taman Suropati, Menteng.

Kemudian, untuk rekayasa lalu lintas, arus dari Bundaran HI bakal dialihkan ke Jalan Agus Salim dan Jalan Pamekasan. Selanjutnya lalu lintas di jalan Diponegoro bakal dialihkan ke Jalan Cokroaminoto dan Jalan Rasuna Said.

“Kami mengimbau kepada masyarakat untuk menghindari area seputaran KPU ini, bisa menggunakan ruas jalan lainnya,” jelas Susastyo,

Baca Juga: Jelang Debat Perdana Mahfud MD Tanpa Persiapan Khusus

Adapun dari beberapa kegiatan tahapan pemilu sebelumnya di Kantor KPU RI, lanjut Susatyo, pihak kepolisian telah melakukan evaluasi.

“Kami mengutamakan agar para paslon tersebut, bisa masuk ke arah gedung KPU ini, termasuk juga undangan yang telah disepakati oleh KPU,” pungkas dia.

Sekadar informasi, KPU menyiapkan 6 segmen untuk debat capres. Masing-masing capres nantinya akan mengambil pertanyaan secara acak untuk dijawab. Kemudian, dua capres lainnya dipersilakan untuk menanggapi jawaban capres sebelumnya. 

Baca Juga: Debat Cawapres Ditiadakan, Puan Minta KPU Berembuk Kembali

"Misalkan, kesempatan pertama, si calon A itu menjawab pertanyaan moderator, calon B dan C diberikan kesempatan untuk menanggapi apa yang disampaikam oleh calon A," ujar Hasyim.

"Setelah ditanggapi, calon A juga diberikan kesempatan untuk menanggapi balik supaya kemudian clear di bagian perdebatan itu," lanjut dia.

Menurut Hasyim, 11 panelis yang sudah ditetapkan KPU menyiapkan 18 pertanyaan sesuai dengan tema debat perdana. Hasyim mengatakan daftar pertanhaan tersebut baru akan disampaikan kepada KPU besok.

Baca Juga: KPU Pastikan Debat Capres-Cawapres Tetap Dilaksanakan

Diketahui, debat perdana yang akan diikuti para calon presiden yaitu Anies Baswedan, Prabowo Subianto, dan Ganjar Pranowo akan digelar, Selasa (12/12/2023) di Kantor KPU. Debat tersebut rencananya akan digelar pukul 19.00 WIB.

Adapun tema yang akan dibahas ialah pemerintahan, hukum, HAM, pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi, penanganan disinformasi, peningkatan layanan publik, dan kerukunan warga.

Editor


Komentar
Banner
Banner