Tahun Baru 2023

16 Titik di Jakarta Jadi Fokus Pengamanan Polda Saat Malam Tahun Baru 2023

Polda Metro Jaya Petakan titik-titik di Jakarta yang menjadi fokus pengamanan mereka saat malam pergantian tahun baru 2023.

Featured-Image
Festival penutupan tahun di Bundaran HI, Jakarta.(Foto: Kompas)

bakabar.com, JAKARTA - Polda Metro Jaya telah memetakan titik-titik untuk fokus pengamanan Jakarta pada malam pergantian tahun baru 2023.

Dari hasil pemetaan, disebutkan terdapat 16 titik di Jakarta dan sekitarnya, yang akan menjadi pusat keramaian pada malam tahun baru.

"Antisipasi keramaian malam tahun baru ada di 16 Titik yang telah dipetakan," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Endra Zulpan dalam keterangan tertulis, dikutip Jumat (30/12).

Baca Juga: Satpol PP Imbau Masyarakat Tak Bermain Kembang Api pada Malam Tahun Baru

Titik keramaian itu yakni berlokasi di Monas, Gelora Bung Karno, Bundaran HI, Patung Ondel-Ondel, Jakarta Aquarium, dan Ancol.

Lebih lanjut, titik keramaian lain pada saat malam pergantian tahun antara lain di kawasan Ragunan, Kemang, TMII, Kota Tua, PIK, Blok M, Senopati, BSD, Summarecon Bekasi, dan Alam Sutera.

Selain berfokus pada wilayah ramai di Jakarta, Zulpan juga mengimbau masyarakat untuk waspada terhadap potensi kerawanan dan gangguan keamanan pada malam pergantian tahun.

"Potensi gangguan keamanan dan kerawanan pada malam Tahun Baru antara lain kerumunan massa, kenaikan angka COVID-19, dan kemacetan akibat konvoi dan pawai keliling," ujarnya.

Baca Juga: Jelang Tahun Baru 2023, BPBD Rilis Lokasi Rentan Bencana di Jakarta

Zulpan menambahkan aksi kriminalitas, konflik antarwarga seperti tawuran, gangguan keamanan akibat pesta minuman beralkohol, dan konflik Ormas juga menjadi potensi kerawanan pada malam tahun baru.

Adapun, untuk memastikan perayaan malam pergantian tahun berjalan dengan aman, Polda Metro Jaya telah menggelar Operasi Lilin Jaya 2022 dengan fokus pengamanan Natal dan Tahun Baru.

Polda Metro Jaya bakal mengerahkan kurang lebih 8.000 personel. Ribuan personel tersebut akan tersebar di wilayah DKI Jakarta, Depok, Tangerang, Tangerang Selatan, dan Bekasi (Jadetabek).

"Jumlah personel sekitar 8.000 lebih yang disebar dari kepolisian di seluruh wilayah hukum Polda Metro Jaya," pungkas Zulpan.

Editor


Komentar
Banner
Banner