Kalteng

100 Warga Binaan Lapas Palangka Raya Jalani Vaksinasi Dosis Pertama

apahabar.com, PALANGKA RAYA – Sebanyak 100 Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Palangka…

Featured-Image
WBP Lapas Kelas IIA Palangka Raya, mendapatkan vaksinasi sinovac dosis pertama, di Pendopo Serbaguna Lapas Palangka Raya. Foto-Istimewa

bakabar.com, PALANGKA RAYA - Sebanyak 100 Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Palangka Raya, Kalteng, mendapatkan vaksinasi sinovac dosis pertama.

Penyutikan vaksin Covid-19 dilaksanakan di Pendopo Serbaguna Lapas Palangka Raya, Rabu (21/7).

Kegiatan melibatkan 14 petugas Rumah Sakit TNI AD Palangka Raya, dipimpin Kepala Tim Lapangan, Yusro dan dibantu tim medis Lapas Palangka Raya.

Vaksinasi diawasi langsung Kepala Divisi Pemasyarakatan Kantor Wilayah Kemenkumham Kalteng, Yudi Suseno, Kepala Lapas Palangka Raya, Chandran Lestyono, Kepala Seksi Bimbingan Narapidana/Anak Didik, Tigor Immanuel Hutabalian dan para pejabat struktural lainnya.

Sebelum mendapatkan vaksinasi, WBP yang mengantre melakukan pengisian formulir dan skrining awal dengan petugas kesehatan. Lalu dilakukan pencocokan identitas dengan petugas operator dan pemberian vaksin oleh perawat.

Tampak para WBP bersemangat mendapatkan vaksin dosis I. Mereka mengantre dengan sabar tanpa mengabaikan protokol kesehatan Covid-19.

Namun ada beberapa WBP yang ditunda divaksin karena tekanan darah tinggi atau rendah, menderita sakit, dan NIK WBP yang belum dikonfirmasikan kepada petugas. Tetapi tetap bisa mengikutinya lagi pada gelombang berikutnya.

Sebelum observasi, mereka diberikan obat untuk antisipasi jika ada yang tidak enak badan atau demam dan dianjurkan segera menghubungi Tim Medis Lapas Palangka Raya jika merasakan efek samping lainnya.

Kepala Lapas Palangka Raya, Chandran Lestyono, berharap dengan adanya vaksinasi ini para warga binaan dapat terhindar dari Covid-19.

Ia sangat mengapresiasi bantuan vaksin dari Rumah Sakit TNI AD Palangka Raya. Walaupun belum bisa maksimal bagi seluruh WBP, karena ada beberapa kendala, tetapi berharap bisa mendapatkan hasil yang baik.

Sementara itu, Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Kalteng, Yudi Suseno, mengatakan bahwa Lapas Palangka Raya merupakan UPT ketiga di Kalimantan Tengah yang menggelar vaksinasi bagi WBP.

Setelah Rutan Buntok dan Lapas Sukamara, kini Lapas Palangka Raya merupakan UPT ketiga yang menggelar vaksinasi dosis I bagi warga binaan.



Komentar
Banner
Banner