Tak Berkategori

Pelunasan Bipih Ditutup, Puluhan Jemaah Cadangan Lengkapi Kuota Haji Kalsel 2022

apahabar.com, BANJARMASIN – Sempat mengisi daftar cadangan, puluhan warga Kalimantan Selatan dipastikan melengkapi kuota 1.743 jemaah…

Featured-Image
1.743 jemaah calon jemaah haji dari Kalimantan Selatan akan berangkat dalam dua gelombang ke Tanah Suci. Foto: Fajar

bakabar.com, BANJARMASIN – Sempat mengisi daftar cadangan, puluhan warga Kalimantan Selatan dipastikan melengkapi kuota 1.743 jemaah yang akan berangkat ke Tanah Suci di musim haji 2022.

Diketahui proses pelunasan Biaya Perjalanan Ibadah Haji (Bipih) dan konfirmasi keberangkatan dibuka sejak 9 hingga 20 Mei 2022. Dalam waktu bersamaan, calon jemaah haji cadangan melakukan hal serupa.

“Sedianya total jumlah calon jemaah haji Kalsel yang sudah mengonfirmasi pelunasan dan melunasi pembayaran Bipih sebanyak 1.930 orang,” papar Kabid Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kementerian Agama Kalsel, Rusbandi, Jumat (27/5).

“Rinciannya adalah jemaah haji non cadangan berjumlah 1.692 orang, ditambah 238 jemaah cadangan. Namun tak semua cadangan dapat berangkat, mengingat kuota haji Kalsel hanya 1.743 orang,” imbuhnya.

Dengan demikian, Banjarmasin akan memberangkatkan 269 jemaah, Banjar 137 jemaah, Tapin 75 jemaah, Hulu Sungai Selatan 135 jemaah, Hulu Sungai Tengah 89 jemaah dan Barito Kuala 73 jemaah.

Kemudian Tabalong 258 jemaah, Kotabaru 94 jemaah, Hulu Sungai Utara 160 jemaah, Banjarbaru 68 jemaah, Balangan 82 jemaah, Tanah Bumbu 70 jemaah, ditambah 10 orang Pendamping Haji Daerah (PHD).

Semua jemaah akan berangkat dari embarkasi Banjarmasin dalam dua gelombang sejak 12 Juni 2022, serta terdiri dari tujuh kloter.

Dijadwalkan gelombang pertama memberangkatkan kloter 1 sampai 5. Selanjutnya gelombang kedua diisi jemaah dari kloter 6 dan 7.

Keberangkatan gelombang pertama akan mendarat di Madinah dan pemulangan melalui Jeddah. Sementara gelombang kedua mendarat di Jeddah dan dipulangkan melalui Madinah.

Masing-masing kloter juga sudah ditetapkan. Kloter 1 diisi jemaah dari Tabalong, Balangan dan Banjar. Kemudian kloter 2 dari Hulu Sungai Selatan, Hulu Sungai Tengah, Banjar dan Banjarbaru.

Selanjutnya kloter 3 dari Hulu Sungai Utara, Tapin, Barito Kuala dan Banjarmasin. Sedangkan kloter 4 dari Tanah Laut, Kotabaru, Tanah Bumbu dan Banjarmasin.

Adapun kloter 5 dan 6 dari Kalimantan Tengah. Diakhiri kloter 7 yang akan diisi gabungan jemaah Banjar, Banjarmasin dan Kalimantan Tengah.



Komentar
Banner
Banner