Kalsel

Waspada, Hujan Disertai Angin Kencang Ancam Sejumlah Wilayah Kalsel

apahabar.com, BANJARMASIN – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan hujan disertai petir dan angin kencang…

Featured-Image
FOTO: Ilustrasi dua warga di bawah guyuran hujan. Foto-Antara.

bakabar.com, BANJARMASIN – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan hujan disertai petir dan angin kencang ancam sejumlah wilayah Kalimantan Selatan (Kalsel) siang dan sore ini.

Sedikitnya terdapat sejumlah wilayah di 11 kabupaten/kota mengalami potensi tersebut. Karena itu BMKG meminta warga untuk waspada melalui peringatan dini terkait cuaca Kalsel hari ini dalam laman resminya.

“Waspada potensi hujan disertai kilat/petir dan angin kencang berdurasi singkat antara siang dan sore hari di wilayah Kota Banjarmasin, Banjarbaru, Kabupaten Banjar, Barito Kuala, Tapin, Tanah Bumbu, Hulu Sungai Tengah, Hulu Sungai Selatan, Kotabaru, Tanah Laut, Balangan, dan sekitarnya,” tulis BMKG dalam laman resminya seperti dikutip bakabar.com, Rabu (27/10).

Meski begitu, hujan disertai petir juga berpotensi di Amuntai, Hulu Sungai Utara (HSU) pada siang nanti. Hanya Tanjung, Kabupaten Tabalong menurut BMKG tidak berpotensi hujan.

Sementara pada malam dan dini hari nanti, cuaca 13 kabupaten/kota Kalsel dalam keadaan cerah berawan. Sedangkan suhu udara berada pada kisaran 24-32 derajat celcius dan tingkat kelembaban antara 60-95 persen. Kecepatan angin diprakirakan bertiup hingga 20 km/jam.

Terlepas dari itu, sejumlah kota di Indonesia akan diguyur hujan ringan. Antara lain Kota Banda Aceh, Denpasar, Jakarta Pusat, Palangkaraya, Tanjung Pinang, Pangkal Pinang, Bandar Lampung, Ternate, Kupang, Makassar, dan Kendari.

Hujan dengan intensitas sedang diprakirakan turun di Kota Serang, Yogyakarta, Banjarmasin, dan Mataram.

Sementara itu, wilayah Kota Pontianak dan Mamuju diprakirakan mengalami hujan lebat dan Kota Medan, Bandung, dan Ambon menurut prakiraan cuaca akan menghadapi hujan disertai petir.

Wilayah Kota Jambi, Semarang, Surabaya, Samarinda, Manado, Padang, dan Palembang diprakirakan berawan dan cuaca Kota Bengkulu, Gorontalo, Tarakan, Jayapura, Manokwari, dan Pekanbaru diprakirakan cerah berawan.

Pada malam hari, cuaca sebagian besar kota besar di Indonesia diprakirakan berawan dan cerah berawan.



Komentar
Banner
Banner