Tak Berkategori

Datang ke Banjarmasin, Jokowi Bakal Disambut Unjuk Rasa

apahabar.com, BANJARMASIN – Unjuk rasa mahasiswa gabungan bakal menyambut kedatangan Presiden Joko Widodo di Banjarmasin, Kamis…

Featured-Image
Jokowi saat melakukan kampanye terbuka di Banjarmasin, Maret 2019 silam. Foto: Antara

bakabar.com, BANJARMASIN – Unjuk rasa mahasiswa gabungan bakal menyambut kedatangan Presiden Joko Widodo di Banjarmasin, Kamis (21/10).

Massa tergabung dalam Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) se-Kalimantan. Aksi esok digelar serentak se-Indonesia.

Flyer pemberitahuan rencana aksi sudah menyebar luas di media sosial. Seruan unjuk rasa mengarah ke depan Gedung DPRD Kalsel.

Penyampaian aspirasi bertepatan dua tahun pemerintahan Jokowi-Ma'ruf Amin di bawah Kabinet Indonesia Maju.

“Selamat datang di Bumi Lambung Mangkurat, Presiden Jokowi. Janjimu kami ingat, kami tagih sampai dapat,” demikian kalimat dalam poster seruan tersebut.

Dikonfirmasi, Koordinator Wilayah BEM se-Kalsel Zikri Nur Abadi membenarkan rencana aksi esok. Namun, dia belum membeberkannya lebih jauh.

"Maaf ini masih ada konsolidasi," singkatnya melalui sambungan telepon.

Polisi Siaga Satu

Agenda Lengkap Jokowi di Kalsel, Ke Jhonlin Pakai Super Puma hingga Vaksinasi Serentak

510 personel Polri di bawah komando Polresta Banjarmasin bakal mem-backup pengamanan Presiden Jokowi saat meresmikan Jembatan Alalak.

“Personel Polresta Banjarmasin 110 ditambah BKO Polda Kalsel dari Polres jajaran 400 personel jadi ada 510 personel mengamankan Banjarmasin saat kehadiran RI 1,” terang Kapolresta Banjarmasin Kombes Pol Rachmat Hendrawan, Rabu (20/10) dilansir Antara.

Selain personel yang telah ditentukan titik tugasnya, ada juga pasukan cadangan yang disiapkan mengantisipasi munculnya gangguan keamanan.

“Misalnya ada penyampaian aspirasi dari kelompok masyarakat, semua sudah kita antisipasi dan telah dikoordinasikan bersama TNI sebagai komando pengamanan RI 1,” jelas Rachmat.

Sebagaimana instruksi Kapolri Jenderal (Pol) Listyo Sigit Prabowo dalam surat telegram yang mengatur tentang pelaksanaan pengamanan saat ada kegiatan kunjungan kerja Presiden Joko Widodo, ungkap dia, seluruh anggota Polri diminta tidak reaktif dan menyikapi aspirasi warga secara humanis.

Untuk itulah, Rachmat mengingatkan anggotanya di lapangan dapat memedomani hal tersebut agar kelancaran kunjungan presiden terjaga sekaligus tak ada gejolak tak perlu.

Apel gelar pasukan pengamanan kunjungan kerja presiden dilaksanakan hari ini di Lapangan Kamboja Banjarmasin dipimpin Kepala Staf Korem 101/Antasari Kolonel Arh Heri Purwanto.

Sedangkan apel pengamanan kunjungan kerja presiden di Kabupaten Tanah Bumbu dipimpin Danrem 101/Antasari Brigjen TNI Firmansyah di halaman Makodim 1022/Tanah Bumbu.

Diketahui presiden juga bakal meresmikan pabrik Biodiesel milik Jhonlin Group di Kabupaten Tanah Bumbu sebelum meresmikan Jembatan Sei Alalak dan meninjau vaksinasi massal di RSUD dr H Moch Ansari Saleh.

[FOTO] Jokowi ke Alalak, Paspampres-Ransus Mendarat di Syamsudin Noor

Komentar
Banner
Banner