tanah bumbu

Cuaca Ekstrem, BPBD Tanbu Ingatkan Warga Rawan Banjir

apahabar.com, BATULICIN – Pontensi cuaca ekstrem, didominasi turun hujan hingga akhir September nanti, ancam Kabupaten Tanah…

Featured-Image
Ilustrasi banjir beberapa waktu lalu di Satui, Tanbu. Foto-apahabar.com/Istimewa.

bakabar.com, BATULICIN – Pontensi cuaca ekstrem, didominasi turun hujan hingga akhir September nanti, ancam Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) .

Cuaca ekstrem itu berpotensi memicu timbulnya banjir di sejumlah titik langganan. Meminimalisir dampaknya, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tanbu meminta warga waspada.

Kepala BPBD Tanah Bumbu, Eryanto Rais, mengatakan untuk saat ini di wilayah Tanah Bumbu cuaca akan terus hujan hingga akhir September.

“Berdasarkan prediksi BMKG bulan ini masih hujan dan diperkirakan bulan Oktober baru akan memasuki musim panas,” ujarnya kepada bakabar.com, Jumat (3/9).

Eryanto mengimbau kepada masyarakat yang daerahnya rawan banjir untuk waspada peningkatan debit air sungai ditambah laut, saat pasangnya gelombang akibat cuaca ekstrem dan hujan deras.

“Masyarakat yang berada di bantaran sungai dan pinggiran pantai segera mencari tempat yang lebih tinggi dan aman apabila air semakin meningkat. Utamakan keselamatan jiwa,” imbaunya.

Eryanto juga mengingatkan untuk segera berkoordinasi dengan aparat desa dan kecamatan apabila terjadi bencana, sehingga petugas bisa memberikan bantuan dengan cepat.

“Segera koordinasikan dengan aparat, agar bisa antisipasi lebih awal,” pungkasnya.

Normalisasi Sungai Banjarmasin Berlanjut, Ada Jembatan Terpaksa Dibongkar

Komentar
Banner
Banner