Kalsel

Cuaca Kalsel Hari Ini, Waspada Potensi Hujan Lebat dan Banjir

apahabar.com, BANJARMASIN – Cuaca ekstrem berpotensi terjadi di sejumlah wilayah Kalimantan Selatan (Kalsel) hari ini. Karenanya…

Featured-Image
FOTO: Ilustrasi awan pekat menggelanyut pertanda bakal turun hujan. Foto-Antara

bakabar.com, BANJARMASIN – Cuaca ekstrem berpotensi terjadi di sejumlah wilayah Kalimantan Selatan (Kalsel) hari ini. Karenanya masyarakat diimbau agar waspada.

Hal itu merujuk pada peringatan dini yang dikeluarkan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

Dalam laman resminya dikutip bakabar.com, Minggu (16/5/2021), BMKG memperingkatkan warga agar waspada terhadap potensi tersebut. Seperti turunnya hujan lebat disertai petir dan angin kencang.

BMKG memprakirakan Hampir seluruh kabupaten/kota di Kalsel bakal mengalaminya. Hanya saja intensitas dan waktunya saja berbeda.

Namun ada beberapa wilayah berpotensi mengalami cuaca ekstrem tersebut.

Seperti wilayah hulu sungai: Amuntai (Hulu Sungai Utara), Barabai (Hulu Sungai Tengah), Kandangan (Hulu Sungai Selatan), Paringin (Balangan), dan Rantau (Tapin).

Hampir sebagian besar hujan turun pada siang, malam dan dini hari.

Demikian pula di wilayah Banjar Bakula: Banjar, Banjarbaru, Banjarmasin dan Barito Kuala.

Hanya saja potensi itu muncul pada siang hari nanti nanti. Diprakirakan pukul 14.00-17.00 WITA. Sedangkan malam dalam keadaan berawan.

Yang lebih parah, BMKG melihat adanya potensi banjir akibat tingginya curah hujan di Kotabaru. Hal itu disampaikan BMKG melalui laman resminya.

Diprakirakan kondisi itu turun pada malam dan dini hari nanti.

“Waspada potensi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang pada siang hingga dini hari di wilayah kota/kabupaten Banjarmasin, Banjar, Tapin, Barito Kuala, Hulu Sungai Selatan, Hulu Sungai Tengah, Hulu Sungai Utara, Tabalong, Balangan, Kotabaru, Kotabaru, Tanah Bumbu, Tanah Laut dan sekitarnya. Waspada potensi banjir di wilayah Kotabaru dan sekitarnya,” demikian peringatan BMKG, Minggu.

Terlepas dari itu, BMKG menyebutkan cuaca bisa saja berubah, namun prakirakan ini dapat sebagai acuan masyarakat agar waspada dan berhati-hati saat berada di luar rumah.



Komentar
Banner
Banner