Kalteng

Setelah Masker, Kini Antiseptik Menyusul Langka di Palangka Raya

apahabar.com, PALANGKA RAYA – Kabar mengenai dua warga negara Indonesia positif virus corona sontak membuat masyarakat…

Featured-Image
Pegawai di salah satu apotek di Jalan RTA Milono Palangka Raya, mengaku masker dibatasi pembeliannya. Foto-apahabar.com/Tiva Rianthy

bakabar.com, PALANGKA RAYA – Kabar mengenai dua warga negara Indonesia positif virus corona sontak membuat masyarakat panik dan mulai berburu masker dan antiseptik di sejumlah aptotek dan toko ritel di kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah.

Namun, saat ditelusuri bakabar.com, Rabu (04/03) ternyata di beberapa tempat, untuk masker sudah lama menghilang di pasaran, sejak merebaknya Covid-19 di Wuhan.

Walaupun masih ada, harga melonjak tajam dan hanya dijual secara eceran. Sebab tidak ada lagi pengiriman dari distributor di Jakarta.

Salah satu penjaga toko di apotik di kawasan RTA Milono Palangka Raya, mengungkapkan sebelum virus corona masuk ke Indonesia, kendati masker langka, tetapi masih ada persediaan untuk dijual per kotak ke konsumen.

Walaupun harganya melonjak hampir empat kali lipat. Sebelumnya, saat masih memiliki stok, sempat menjual masker seharga Rp 150 ribu sampai di atas Rp 200 Rrbu per kotak isi 50 lembar, tergantung merek.

Padahal, harga normalnya hanya berkisar Rp 35 ribu sampai Rp 50 ribu per kotak. Tapi sekarang sudah tidak ada stok per kotak yang bisa lagi dijual.

Kini, masker hanya dijual per satuan, seharga Rp 7.500 ribu. Sedangkan sebelum wabah corona, harganya hanya Rp 1.000 sampai Rp 2000 per masker. Tapi pembelian dibatasi paling banyak 5 lembar masker.

Kelangkaan yang sama juga terjadi pada antiseptik. Padahal barang ini tidak diburu masyarakat. Namun sejak corona masuk Indonesia, sulit ditemui di pasaran.

Ian salah satu pegawai toko ritel di Jalan G Obos Palangka Raya mengatakan, awalnya antiseptik di pajang di etalase. Tapi karena semakin banyak masyarakat mencari dan membeli dalam jumlah banyak, akhirnya hand sanitizer ini diletakkan di depan kasir dan dibatasi pembeliannya.

img

Pegawai di salah satu toko ritel di Jalan G Obos Palangka Raya sudah dibatasi pembelian antiseptik. Foto-bakabar.com/Tiva Rianthy

Baca Juga: Eks Kadis Transmigrasi Kapus Tertunduk Malu Saat Jumpa Pers

Baca Juga: Seruyan Jadi Kabupaten Pertama Anti-Money Politics di Kalteng

Baca Juga:Isu Corona Meluas, Masker di Apotek Muara Teweh Habis

Baca Juga: Tiga Nama Calon Ketua Golkar Kalteng Mencuat, Apa Harapannya?

Reporter: Ahc23Editor: Aprianoor



Komentar
Banner
Banner