Religi

Diam-Diam Ikut Haul, Jonri yang Non-Muslim Mulai Tertarik dengan Islam

apahabar.com, BANJARBARU – Banyak kisah menarik dari pengalaman jemaah yang hadir  di peringatan haul akbar Guru…

Featured-Image
Jonry Panggabean saat ikut “berziarah” ke makam Abah Guru Sekumpul. Foto-Istimewa

bakabar.com, BANJARBARU – Banyak kisah menarik dari pengalaman jemaah yang hadir di peringatan haul akbar Guru Sekumpul ke 15 lalu. Tak hanya menyedot jutaan umat muslim dari berbagai penjuru, beberapa warga non muslim pun takjub ketika ikut menghadirinya.

Jonry Panggabean salah satunya. Pria asal Sumatera Utara yang tengah merantau di Balikpapan, Kalimantan Timur ini menceritakan kekagumannya saat berkesempatan mengikuti pelaksanaan haul Abah Guru Sekumpul ke 15.

Walau bukan beragama Islam, euforia peringatan haul salah satu ulama kharismatik asal Martapura ini tak berhenti membuatnya berdecak kagum.

Ketertarikannya terhadap sosok Guru Sekumpul bukan hal baru terlintas bagi alumni Sekolah Tinggi Teknologi Minyak dan Gas Bumi Balikpapan ini. Jonry memang senang mendalami ilmu di luar ajarannya sendiri, dia mengaku sudah beberapa kali menonton ceramah Guru Sekumpul lewat situs Youtube.

“Sebelumnya saya sudah searching, saya liatin ceramahnya.,” bebernya.

Di antara rasa bingung, penasaran, dan terkesima, dia menyebut Guru Sekumpul adalah sosok yang luar biasa. Terlebih, dari jutaan jemaah haul sebagian besar merelakan waktu dan tenaga untuk menjadi relawan petugas. Termasuk dirinya.

“Saya kan ke sini ikut senior. H-1 sudah sempat ke Kubah, saya ikutin aja. Hari berikutnya saya bantu-bantu di sini, ada posko di Teluk Selong. Di situ juga tidurnya,” jelasnya

Pengalaman pertamanya mengikuti kegiatan umat muslim membuatnya ingin kembali hadir di haul berikutnya apabila ada kesempatan.

“Pengen. Tapi gak berani saya niatin, kalau ada peluang ya ambil aja. Nanti sakit hati kalau gak bisa berangkat,” pungkasnya

img

Jonry Panggabean ketika ikut menjadi relawan di Haul Abah Guru Sekumpul. Foto-Istimewa

Baca Juga:Pasca Haul, Air Kembali Genangi Sekumpul

Baca Juga:Haul Guru Sekumpul ke 15 Akan Digelar Layaknya di Makkah

Baca Juga: Pengurus Kubah Habib Luar Batang Heran, Ada Sosok Misterius Sedekahkan Rp50 Juta di Momen Haul Sekumpul

Baca Juga: Sandiaga Tiba di Kalsel: Hadiri Haul Seperti Ada Panggilan Jiwa

Reporter: Musnita SariEditor: Muhammad Bulkini



Komentar
Banner
Banner