Kalsel

Saat MAN 1 Diamuk Api, Pintu Dua SD Barabai Diduga Dibakar Orang Tak Dikenal

apahabar.com, BARABAI – Pintu mushalla, kantin dan gorden Sekolah Dasar Negeri (SDN) di Barabai ditemukan dalam…

Featured-Image
Pihak sekolah SDN 2 Barabai Timur menunjukkan pintu bekas bekas terbakar dini hari tadi, Senin (3/1). Foto-apahabar.com/Lazuardi.

bakabar.com, BARABAI – Pintu mushalla, kantin dan gorden Sekolah Dasar Negeri (SDN) di Barabai ditemukan dalam keadaan gosong. Kondisi itu menimbulkan dugaan adanya percobaan pembakaran dari orang yang tak dikenal.

Kejadian itu terjadi di SDN 1 dan 2 Barabai Timur. Lokasinya berdekatan alias berseberangan dan berada di pusat Kota Hulu Sungai Tengah (HST).

Kedua sekolah itu juga berdekatan dengan Rumah Dinas Bupati HST. SDN 1 berada di seberangnya, sementara SDN 2 berada di belakang rumah dinas itu.

Keadaan bekas terbakar itu pertama kali ditemukan oleh penjaga sekolah di SDN 2 Barabai Timur, Jumadi yang ingin membuka sekolah pada pagi hari, Senin (3/1).

“Sekitar pukul 6 pertama kali ditemukannya,” ujar Petugas Keamanan Sekolah SDN 2 Barabai Timur, Pansyah kepadabakabar.com.

Pansyah menyebutkan pintu mushalla tersebut memang tidak dikunci, hanya ditindih sapu.

Saat pertama ditemukan Jumadi, kata Pansyah, dia telah menemukan sapu yang terbuat dari bahan plastik itu sudah terbakar dan meleleh ke bagian bawah pintu.

“Beruntung tak mengenai karpet di dalam mushalla. Bagian pintu hanya gosong akibat sapu yang meleleh,” kata Pansyah.

Hal serupa juga ditemui oleh penjaga sekolah atau petugas kebersihan SDN 1 Barabai Timur, Nanang. Kondisinya pun sama persis dengan yang terjadi di SDN 2. Hanya berbeda letak. Di SDN 1, bekas terbakar ditemukan pada pintu kantin dan gorden mushalla.

“Mau buka kantin saya terkejut kok ada bekas terbakar di bagian bawah pintu. Kemudian juga gorden terbakar. Beruntung tak kejadian (kebakaran),” ujar Nanang.

Kedua sekolah itu diduga dibakar orang tak dikenal sekitar pukul 00.15 Wita yang bertepatan dengan kebakaran di MAN 1 HST yang menghanguskan 9 ruang kelas dan tata usaha. Puluhan serta perangkat komputer pun ikut terdampak.

Sejumlah barang bukti yang berada pada dua sekolah itu sudah dibawa kepolisian untuk dilakukan penyelidikan.

“Saat ini kita sedang menyelidiki. Kami sudah melakukan olah TKP pagi tadi dan membawa barang bukti sapu dan gorden yang terbakar,” kata Kapolres AKBP Danang Widaryanto melalui PS Paur Subag Humas Polres HST, Aipda M Husaini kepadabakabar.com, Senin siang.

img

Baca Juga: Dikira Pingsan, Pria Renta Tak Bernyawa di Toilet Sekolah Banjarmasin

Baca Juga: Tahun Ini, Kementerian PUPR Bedah Ribuan Rumah di Kalimantan Selatan

Baca Juga: Terindikasi Pakai Joki, BKD Kalsel Tolak 3 Peserta CPNS

Baca Juga: Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan, Legislator Kalsel: Tol di Jawa Sudah Tumpang Tindih

Reporter: HN LazuardiEditor: Muhammad Bulkini



Komentar
Banner
Banner