Tak Berkategori

Ini Awal Mula Virus Corona Ditemukan

apahabar.com, JAKARTA – Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menjelaskan awal pertama kali virus novel corona (2019-nCoV) ditemukan. Menurut…

Featured-Image
Ilustrasi Virus Corona. Foto-MgIt03

bakabar.com, JAKARTA – Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menjelaskan awal pertama kali virus novel corona (2019-nCoV) ditemukan.

Menurut Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung Kemenkes Wiendra Waworuntu, awalnya virus ini terungkap setelah tenaga medis dokter menemukannya pada penderita pneumonia.

“Kemudian dokter merasa heran kok ada virus Corona pada kasus pneumonia. Padahal, biasanya pneumonia bukan akibat virus 2019-nCoV melainkan bakteri Staphylococcus aureus,” ujarnya saat ditemui di temu media update 2019-nCoV, di Kemenkes, Jakarta seperti dikutip dari Republika.co.id, Rabu (05/02).

Ia menambahkan, meski Human Immunodeficiency Virus (HIV)/ acquired immunodeficiency syndrome (AIDS) juga disebabkan virus Corona, virus ini merupakan subtipe (strain) baru. Strain virus ini juga berbeda dengan virus flu burung (avian influenza).

“Makanya organisasi kesehatan dunia (WHO) memberi nama Novel Corona Virus,” katanya.

Di tempat yang sama, Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Biomedis dan Teknologi Dasar Kesehatan Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kemenkes Vivi Setiawaty menambahkan, virus ini merupakan jenis baru. Karena itu pihaknya belum bisa memastikan sifat virus tersebut karena belum ditemukan di Indonesia.

“Jadi kami selalu update (hasil penelitian virus corona di luar negeri) karena untuk pengawasan dan kewaspadaan,” ujarnya.(Rep)

Baca Juga:Perusahaan Bir Corona Sikapi Santai Dikaitkan dengan Virus

Baca Juga: Virus Corona Bisa Lebih Rentan Menyerang Pria, Mitos atau Fakta?

Baca Juga: Ingin Miliki Dua WhatsApp dalam Satu Hp? Ikuti 4 Cara Ini

Baca Juga:Pasar Tomohon, Pasar di Sulut yang Jual Hewan Liar Seperti di Wuhan

Editor: Aprianoor



Komentar
Banner
Banner